Sukses


Mengulik Ketangguhan Lini Tengah Klub Elite Indonesia di Shopee Liga 1 2020

Bola.com, Jakarta - Perburuan gelar juara Shopee Liga 1 2020 diprediksi bakal berlangsung ketat sampai akhir musim. Pertimbangannya adalah klub-klub elite memiliki pemain berkualitas, khususnya di lini tengah.

Seperti diketahui, lini tengah memegang peran vital dalam setiap permainan. Lini tersebut menjadi kunci kesuksesan sebuah tim ketika melakukan skema bertahan maupun menyerang.

Apalagi para gelandang harus mampu mengendalikan ritme permainan sebuah tim. Jadi, tim yang mampu menguasai lini tengah memiliki peluang lebih besar untuk memenangi pertandingan.

Atas dasar itulah, klub-klub Indonesia berlomba untuk bisa mendapatkan gelandang dengan kualitas terbaik demi memperkuat lini tengah. Selain memiki skill individu, para gelandang dituntut untuk memiliki kecepatan dan stamina yang mumpuni.

Maka mulai muncul gelandang-gelandang tangguh terbaik dari dalam maupun luar negeri. Kehadiran mereka yang membuat pertandingan semakin menarik untuk disaksikan.

Bola.com mencoba mengulik kekuatan lini tengah klub-klub elite Indonesia. Siapa gelandang-gelandang yang jadi andalan untuk bisa membantu klub dalam meraih gelar Shopee Liga 1 2020?

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 7 halaman

Persebaya Surabaya

Persebaya Surabaya sebenarnya memiliki kekuatan terbaik di lini tengah di Shopee Liga 1 2020. Hal itu ditandai dengan kehadiran Makan Konate, Ricky Kambuaya, Hambali Tholib, dan Aryn Williams.

Namun, hasilnya belum terlihat karena Persebaya masih nihil kemenangan. Klub asuhan Aji Santoso menelan sekali kekalahan dan bermain sekali imbang.

Pelatih Aji Santoso masih memiliki kesempatan untuk membenahi lini tengah Persebaya. Klub berjulukan Bajul Ijo itu masih memiliki pemain tengah bagus lain, semisal Rendi Irawan dan Muhammad Hidayat.

3 dari 7 halaman

Arema FC

Arema FC mengandalkan Oh In-kyun dan Hendro Siswanto di lini tengah. Kemudian pelatih Mario Gomez juga memiliki Dendi Santoso dan Feby Eka Putra untuk mendukung serangan.

Namun, lini tengah Arema terlihat masih mudah ditembus. Hal itu terlihat dari dua laga terakhir di mana klub berjulukan Singo Edan itu harus menelan dua kekalahan beruntun.

Pelatih Mario Gomez masih memiliki kesempatan untuk membenahi lini tengah. Apalagi Arema FC masih memiliki pemain seperti Hanif Sjahbandi, Dave Mustaine, dan Ridwan Tawainela yang siap memaksimalkan peran di lini tengah.

4 dari 7 halaman

Persija Jakarta

Persija Jakarta juga memiliki lini tengah yang bagus musim ini. Pelatih Sergio Farias mempercayakan lini tersebut kepada Rohit Chand, Sandi Sute, Evan Dimas, Ramdani Lestaluhu, dan Marc Klok.

Selain itu, ada pula Osvaldo Haay dan Riko Simanjuntak yang membantu serangan di lini depan. Keduanya menjadi jembatan antara lini tengah dan depan untuk memaksimalkan umpan pada Marko Simic yang jadi ujung tombak.

Persija Jakarta saat ini belum terkalahkan dalam dua laga yang sudah dimainkan. Klub ibu kota sukses mengumpulkan empat poin dengan rincian sekali menang dan sekali imbang.

5 dari 7 halaman

Persipura Jayapura

Pelatih Jacksen F. Tiago mengandalkan skema andalan 4-2-3-1 di Persipura Jayapura pada musim ini. Kekuatan lini tengah Persipura terletak pada duet Muhammad Tahir dan Takuya Matsunaga.

Kekuatan keduanya ditopang Thiago Amaral, Gunansar Mandowen, Todd Rivaldo Ferra, hingga Boaz Solossa yang membantu serangan. Hal itu membuat Persipura memiliki tim yang seimbang.

Persipura tangguh saat bertahan dan menakutkan ketika menyerang, terutama dari sektor sayap. Hasilnya, Persipura saat ini mampu meraih enam poin dari tiga laga.

6 dari 7 halaman

Bali United

Bali United memiliki sumber daya melimpah di lini tengah. Hal itulah yang membuat pelatih Stefano Cugurra Teco kerap melakukan perubahan susunan pemain dalam tiga laga yang dimainkannya di Shopee Liga 1 2020.

Kekuatan lini tengah Bali United bertumpu pada Fadil Sausu, Hariono, dan Brwa Nouri. Adapun untuk membantu lini serang, Bali United memiliki Stefano Lilipaly dan Paulo Sergio yang sudah kembali bermain.

Hasilnya cukup terbukti ampuh. Bali United belum terkalahkan dalam tiga laga dan mampu mengumpulkan tujuh poin pada musim ini.

7 dari 7 halaman

Persib Bandung

Lini tengah Persib Bandung musim ini dihuni Omid Nazari, Kim Kurniawan, Esteban Vizcarra, dan Febri Haryadi. Keempat pemain ini selalu menjadi pilihan utama pelatih Robert Alberts untuk mendukung skema 4-4-2.

Selain itu, Persib juga memiliki pilihan lain di tengah, yakni ada Frets Butuan, Dedi Kusnandar, Ghozali Siregar, hingga Erwin Ramdani. Hal inilah yang membuat lini tengah Persib cukup tangguh baik ketika membantu serangan, maupun ketika bertahan.

Hasilnya cukup terlihat karena Persib Bandung belum terkalahkan. Persib mampu meraih poin sempurna yakni sembilan dari tiga laga yang dimainkan.

Video Populer

Foto Populer