Sukses


Selepas Menangani Timnas Indonesia, Luis Milla Merasa Turun Kelas

Bola.com, Jakarta - Selepas menukangi Timnas Indonesia, Luis Milla belum lagi mendapat pekerjaan sebagai pelatih. Apa pemicunya?

Luis Milla saat ini sedang bekerja sebagai komentator. Dia mengaku belum ada pihak yang terkait untuk menggunakan jasanya sebagai pelatih.

Timnas Indonesia adalah tim terakhir yang dilatih arsitek asal Spanyol itu. Dia menghabiskan waktunya selama satu setengah tahun dan pergi usai Skuat Garuda tersingkir di babak 16 besar Asian Games 2018.

Milla sempat digadang-gadang bakal comeback melatih Timnas Indonesia. Dia bahkan sempat melakukan presentasi keke PSSI di Manila, Filipina, pada akhir November 2019.

Namun, PSSI lebih memilih pelatih asal Korea Selatan, Shin Tae-yong, sebagai nakhoda anyar Timnas Indonesia pada akhir Desember 2019. Alasan utamanya Milla tak berani pasang target juara di Piala AFF 2020.

Milla masih berhasrat untuk bisa melatih sebuah tim lagi meski itu harus di divisi dua. Namun, dia sadar saat ini belum ada klub yang tertarik karena merasa sudah keluar dari pasar kepelatihan.

"Kini saya adalah seorang komentator, dan saya menyukainya, berdebat, menganalisis sepak bola, tetapi yang jelas saya ingin sekali melatih," kata Milla kepada AS baru-baru ini.

"Pengalaman terakhir saya di Timnas Indonesia, satu setengah tahun yang lalu. Ketika tugas saya di Indonesia selesai, saya merasa ketinggalan, saya seperti keluar dari zona pasaran pelatih," sambungnya.

Video

2 dari 2 halaman

Target Utama Bisa Melatih Lagi di Spanyol

Kini, Luis Milla berharap ada sebuah tim yang memberikan kepercayaan kepada dirinya untuk menjadi pelatih. Tujuan utamanya adalah melatih tim di Spanyol.

"Saya berharap mendapat peluang baru dari divisi kedua Liga Spanyol ketika kondisi (pandemi virus corona) ini berakhir," kata Luis Milla menegaskan.

"Jika tidak, saya masih memiliki kemungkinan-kemungkinan lain untuk bisa melatih lagi, seperti saat di Uni Emirat Arab atau Indonesia," ucapnya.

Pelatih 54 tahun itu telah memimpin timnas Indonesia pada enam pertandingan uji coba. Dalam enam pertandingan tersebut, Luis Milla mencatakan dua kali menang, dua seri, dan dua kalah.

Timnas Indonesia menang atas Guyana (2-1) dan Kamboja (2-0). Kemudian seri melawan Fiji (0-0) dam Puerto Rico (0-0), kalah melawan Islandia (1-4) dan Myanmar (1-3).

Selain itu, Luis Milla memimpin Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2017 dan Asian Games 2018 yang dihelat di Tanah Air.

Video Populer

Foto Populer