Sukses


    10 Mantan Pemain Asing di Liga Indonesia Veteran Piala Dunia, Apesnya Mayoritas Gagal Bersinar di Indonesia

    Bola.com, Jakarta - Bermain di pentasĀ Piala Dunia menjadi impian setiap pemain sepak bola. Turnamen empat tahunan ini kerap menjadi tolak ukur keberhasilan seorang pemain, hal yang tak dimiliki semua orang yang berkarier di dunia sepak bola profesional.

    Bahkan megabintang Barcelona, Lionel Messi sempat berujar ingin menukar semua prestasi yang ia raih bersama klub, asalkan bisa menjuarai Piala Dunia bersama Timnas Argentina.

    Para pemain yang tampil di Piala Dunia umumnya bermain di klub-klub besar Eropa. Meskipun ada yang membela klub semenjana, jarang sekali yang berasal dari kompetisi Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

    Indonesia sempat bermain di Piala Dunia 1938 di Prancis. Namun, saat itu Tim Garuda menggunakan nama Hindia Belanda. Saat itu, Hindia Belanda menjadi negara pertama dari benua Asia yang berlaga di Piala Dunia.

    Sampai saat ini, tidak ada pemain yang merumput di Liga Indonesia yang mendapat panggilan membela negaranya di Piala Dunia. Namun, ada beberapa pemain bintang yang singgah di klub Indonesia setelah mencicipi panggung Piala Dunia.

    Berikut ini Bola.com merangkum 10 mantan pemain Liga Indonesia yang pernah berlaga di Piala Dunia.

    Video

    2 dari 10 halaman

    Michael Essien

    Michael Essien merupakan mantan pemain Timnas Ghana yang pernah berlaga di Piala Dunia 2006 dan 2014. Sebelumnya ia juga pernah memperkuat tim-tim besar Eropa seperti Real Madrid, AC Milan, dan Chelsea.

    Michael Essien sempat membuat heboh pemberitaan sepak bola Indonesia karena bergabung dengan Persib. Bersama Maung Bandung, kontrak Essien hanya berlangsung satu tahun yakni musim 2017.

    3 dari 10 halaman

    Peter Odemwingie

    Peter Odemwingie merupakan anggota skuat Timnas Nigeria pada perhelatan Piala Dunia 2010 dan 2014. Sebelum merumput di Liga Indonesia, dia memperkuat klub Premier League, West Bromwich Albion.

    Odemwingie hijrah ke Madura United pada 2017. Saat itu Liga Indonesia tengah gandrung dengan marque player.

    4 dari 10 halaman

    Shane Smeltz

    Shane Smeltz merupakan striker Timnas Selandia Baru pada Piala Dunia 2010. Pada perhelatan tersebut tim All Whites tampil tanpa menelan satu kekalahan satu pun di fase grup melawan Italia, Paraguay, dan Slowakia.

    Semua laga berkesudahan imbang. Namun, torehan tiga poin tak cukup mengantar Selandia Baru melaju ke babak selanjutnya.Ā 

    Ia berkiprah bersama dengan Borneo FC pada 2017. Namun, karier sang pemain tidak begitu cemerlang.

    5 dari 10 halaman

    Pierre Njanka

    Pierre Njanka pernah malang melintang bersam tim-tim Indonesia. Ia pernah membela Persija Jakarta, Arema, dan Persisam Samarinda.

    Njanka memutuskan pensiun setelah membela Persisam Samarinda pada 2013. Ia merupakan skuat Timnas Kamerun pada Piala Dunia 1998 dan 2002.

    6 dari 10 halaman

    Nastja Ceh

    Nastja Ceh pernah memperkuat PSMS medan pada musim 2012-2013. Ia merupakan anggota skuat Timnas Slovenia yang berlaga di Piala Dunia 2002.

    Pada turnamen tersebut, ia pernah melawan Timnas Korea Selatan.

    7 dari 10 halaman

    Eric Djemba-Djemba

    Eric Djemba-Djemba pernah memperkuat Persebaya Surabaya pada 2015. Namun, sayang kontrak sang pemain putus di tengah jalan karena pembekuan kompetisi. Ia pun pernah membela Persewangi Banyuwangi untuk turnamen Sunrise of Java Cup 2015.

    Padahal, Eric Djemba-Djemba pernah masuk skuat Timnas Kamerun pada Piala Dunia 2002. Bahkan ia pernah memperkuat tim sekelas Manchester United.

    8 dari 10 halaman

    Emmanuel Maboang Kessack

    Emmanuel Maboang Kessack pernah memperkuat Pelita Jaya pada musim 1997-1998. Namun, kompetisi tersebut berhenti di tengah jalan karena krisis moneter.

    Emmanuel Maboang Kessack merupakan skuat Timnas Kamerun pada Piala Dunia 1990 dan 1994.

    9 dari 10 halaman

    Roger Milla

    Roger Milla pernah memperkuat dua tim Liga Indonesia yakni Pelita Jaya (1994-1995) dan Putra Samarinda (1995-1996). Ia pun tampil garang dengan mencatat 23 gol dari 23 laga bersama Pelita Jaya serta 18 gol dari 12 laga bagi Putra Samarinda.

    Roger Milla merupakan skuat Timnas Kamerun pada Piala Dunia 1982, 1990, 1994.

    10 dari 10 halaman

    Mario Kempes

    Mario Kempes pernah bermain bersama Pelita Jaya musim 1993-1994. Dia berhasil mencetak 12 gol dalam 18 pertandingan.

    Mario Kempes merupakan mantan skuat Timnas Argentina pada Piala Dunia 1974, 1978 dan 1982.

    Video Populer

    Foto Populer