Sukses


Reaksi Pelatih Persib Tarhadap Klub yang Minta Shopee Liga 1 Dihentikan Total

Bola.com, Bandung - Mayoritas klub Shopee Liga 1 2020 meminta kompetisi musim ini dihentikan setelah melakukan rapat virtual dengan PSSI dan PT Liga Indonesia Baru.

Persib Bandung menjadi satu di antara yang berharap agar Liga 1 musim ini kembali bergulir. Terkait banyaknya klub yang tak ingin melanjutkan, pelatih Persib, Robert Alberts punya pandangan.

"Tapi saya pikir banyak klub melihat dari lingkungannya. Kami harus jujur soal itu, karena banyak klub yang tidak melakukan persiapan dengan bagus musim ini dan mereka sudah banyak mengajukan gaji luar biasa kepada anggota skuat atau uang muka untuk pemain," jelas Robert saat dihubungi Senin (1/5/2020).

Hal itu menurut Robert menjadi satu di antara alasan banyak klub yang ingin Shopee Liga 1 2020 tidak dilanjutkan.

"Tapi seharusnya melihat gambaran lebih besar ke depan, ini bukan hanya untuk klub tapi untuk sepak bola Indonesia dan tim nasional," kata Robert.

Robert menambahkan, kelanjutan Shopee Liga 1 pun bisa melihat dan mengukur bagaimana tim mengikuti kompetisi di Asia. Apabila Liga dihentikan seperti yang terjadi di Belanda, lanjut Robert, itu karena pemerintah tidak mengizinkan olahraga dengan kontak fisik hingga September dan sepak bola masuk dalam kategori itu.

"Sedangkan di negara lain, dengan situasi yang hampir mirip, seperti di Jerman, mereka memilih memulai lagi liga dan semua klub merasa bagus dengan keputusan itu. Pemain dan sponsor senang dengan kebijakan itu. Bisa dilihat tidak ada masalah sampai saat ini," tutur Robert.

2 dari 3 halaman

Pilihan Sulit

Liga dilanjutkan dengan peraturan tanpa penonton karena terlalu berisiko menyebarkan virus dan bakteri.

"Hasil dari penelitian, kegiatan outdoor tidak menyebarkan virus atau bakteri ini ketimbang kegiatan lain seperti diskusi di dalam ruangan karena itu bisa menyebarkan virus begitu cepat," tegas Robert.

"Jadi harus dilakukan banyak penelitian sebelum keputusan diambil, karena kegiatan di luar ruangan tidak mentransmisikan virus ini dengan cepat," tambah pelatih asal Belanda ini.

Robert sependapat dengan manajemen dan pemain Persib Bandung bahwa Liga 1 2020 tidak perlu dihentikan.

"Mungkin saja kami bisa bermain kembali pada Juli nanti. Tap dengan kondisi saat ini, ada beberapa tempat yang masih menjalani PSBB hingga tanggal 4, 8, dan 12 Juni, kemudian setelah itu ada beberapa tempat yang buka normal lagi," ungkap Robert.

"Jadi saya pikir mungkin bisa segera berlatih lagi di suatu tempat pada Juni dan liga mungkin akan mulai lagi pada Agustus. Kami bisa mengikuti sistem di Eropa soal jadwal dan kami juga jadi bisa memainkan lagi Piala Indonesia. Banyak tim bisa ikut ambil bagian," tutup Robert.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

Video Populer

Foto Populer