Sukses


5 Pemain Kamerun Bermutu yang Pernah Berkiprah di Indonesia: Ada Jebolan Piala Dunia!

Bola.com, Jakarta - Para pemain Kamerun tak bisa dipisahkan dalam perjalanan sepak bola Indonesia. Ada sejumlah pemain berkualitas asal Kamerun yang pernah bermain di Indonesia.

Kamerun merupakan negara yang terletak di Afrika Tengah. Sama seperti pemain asal Benua Hitam lainnya, pemain Kamerun dikenal memiliki kemampuan fisik yang mumpuni.

Alasan inilah yang sering dipilih klub-klub Indonesia untuk merekrut pemain Kamerun. Selain itu, mereka juga dikenal memiliki skill individu yang baik.

Bahkan, ada sejumlah pemain Kamerun yang bermain di Indonesia pernah menjadi tumpuan di tim nasional. Selain itu, ada juga pemain Kamerun yang pernah merumput di Indonesia memiliki pengalaman bermain di Piala Dunia.

Pengalaman tersebut tentu sudah menjabarkan kualitas yang dimiliki mereka. Wajar bila mereka tak kesulitan ketika memutuskan bermain di Indonesia.

Lantas, siapa saja pemain asal Kamerun yang pernah bermain di Indonesia? Berikut ini daftar lengkapnya.

2 dari 7 halaman

Emmanuel Maboang Kessack

Emmanuel Maboang Kessack tercatat pernah bermain di Indonesia. Namun, kariernya di Indonesia terbilang singkat, yakni membela Pelita Jaya pada 1997-1998.

Meski demikian, Maboang Kessack mampu tampil gemilang. Ketika itu, ia berhasil mencetak 12 gol dalam 24 laga.

Namun, kariernya di Timnas Kamerun tak terlalu gemilang. Rentang 1990-1995, Emmanuel Maboang Kessack hanya tampil sebanyak 12 kali bersama tim berjulukan Les Lions Indomptables itu.

3 dari 7 halaman

Abanda Herman

Abanda Herman mengawali kariernya di Indonesia pada 2004. Ketika itu, Abanda Herman bergabung dengan PSM Makassar.

Setelah itu, Abanda Herman pernah memperkuat Persija Jakarta, Persema Malang, Persib Bandung, dan Barito Putera. Masa-masa emas Abanda Herman terjadi di Persija, di mana ia sukses mencetak 20 gol dalam 112 penampilan.

Sayangnya, tak ada gelar liga yang mampu dipersembahkan Abanda Herman. Meski demikian, Abanda Herman bisa disebut sebagai pemain Kamerun paling berpengalaman di sepak bola Indonesia.

4 dari 7 halaman

Pierre Njanka

Pierre Njanka bisa disebut sebagai pemain Kamerun paling sukses di Indonesia. Pierre Njanka tercatat pernah membela Persija Jakarta, Arema, Aceh United, Mitra Kukar, dan Persisam Putra Samarinda.

Pencapaian terbaik Pierre Njanka adalah membantu Arema menjuarai Liga Super Indonesia 2009-2010. Pierre Njanka juga merupakan pemain Timnas Kamerun yang pernah tampil di Piala Dunia 1998.

Selain itu, Pierre Njanka pernah membantu Kamerun menjadi juara Piala Afrika 2000. Secara keseluruhan, Pierre Njanka mengoleksi 47 caps bersama Kamerun rentang 1994-2004.

5 dari 7 halaman

Herman Dzumafo

Herman Dzumafo malang melintang di sepak bola Indonesia sejak 2007. Sampai saat ini, Herman Dzumafo tercatat sudah memperkuat beberapa klub Indonesia semisal PSPS Pekanbaru, Arema, Persib Bandung, Sriwijaya FC, Mitra Kukar, Gresik United, Borneo FC, Persela Lamongan, dan saat ini di Bhayangkara FC.

Sayangnya, Herman Dzumafo sama sekali belum pernah meraih gelar di Indonesia. Pencapaian terbaik secara individu diraih Herman Dzumafo bersama PSPS Pekanbaru ketika menyabet penghargaan top scorer pada 2008-2009.

Herman Dzumafo saat ini masih aktif bermain di Bhayangkara FC. Meskipun sudah berusia 40 tahun, namun pemain naturalisasi itu masih bisa diandalkan dalam mencetak gol.

6 dari 7 halaman

Roger Milla

Roger Milla menjadi pemain Kamerun yang paling fenomenal di Indonesia. Maklum, ketika itu Roger Milla datang ke Indonesia dengan status pemain Timnas Kamerun yang pernah bermain dalam dua edisi Piala Dunia.

Karier Roger Milla di Indonesia memang tak berlangsung lama. Roger Milla hanya pernah membela dua klub, yakni Pelita Jaya dan Putra Samarinda.

Namun, Roger Milla berhasil membuktikan kualitasnya sebagai penyerang tajam. Roger Milla berhasil mencatatkan 23 gol bersama Pelita Jaya dan 18 gol untuk Putra Samarinda.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer