Sukses


5 Pemain Korea Selatan Paling Mentereng di Liga Indonesia

Bola.com, Jakarta - Pesepak bola asal Korea Selatan memiliki peran penting di Liga Indonesia. Sejak lama kompetisi elite Indonesia menjadi destinasi favorit pemain-pemain asal Asia Timur itu.

Pesepak bola Korea Selatan biasanya dikenal memiliki kecepatan dan disiplin tinggi. Mayoritas pemain Korea Selatan yang pernah merumput di Indonesia berperan sebagai gelandang serang atau bertahan.

Namun, jumlah pemain Korea Selatan sedang menurun drastis di Shopee Liga 1 2020. Tercatat, hanya ada dua pemain yang tampil di kasta tertinggi Liga Indonesia itu.

Mulai tergerusnya para pemain Korea Selatan di Indonesia didasarkan oleh beberapa sebab. Satu di antaranya karena menjamurnya pemain dari Asia Tengah dan Barat di Tanah Air.

Klub-klub kini mulai tidak hanya terpaku pemain dari Korea Selatan saja untuk mengisi kekosongan slot pemain asing Asia. Karena itu pula, keberadaan pesepak bola dari Negeri Ginseng di Tanah Air perlahan memudar.

Lantas, siapa saja pemain asal Korea Selatang yang bermain mentereng di Liga Indonesia?

2 dari 6 halaman

Yoo Jae-hoon

Yoo Jae-hoon bisa disebut sebagai pemain Korea Selatan yang paling sukses di Indonesia. Indikatornya adalah torehan dua gelar Liga Indonesia yang berhasil dipersembahkan Yoo Jae-hoon bersama Persipura Jayapura pada 2010-2011 dan 2013.

Pemain kelahiran Ulsan, Korea Selatan, 7 Juli 1984, itu bergabung dengan Persipura pada 2010. Selama empat tahun menjadi kiper Persipura, Yoo Jae-hoon, berhasil tampil sebanyak 110 kali.

Yoo Jae-hoon juga sempat mendapatkan penghargaan kiper terbaik Liga Super Indonesia 2013.

Pada 2015, Yoo Jae-hoon sempat hengkang dan bergabung dengan Bali United. Namun, kiper Korea Selatan itu akhirnya kembali ke Persipura pada 2016 sampai 2018 dan tampil sebanyak 54 kali.

Yoo Jae-hoon kemudian hengkang ke Mitra Kukar pada 2018 dan bergabung dengan Barito Putera pada 2019. Yoo Jae-hoon kini bertugas sebagai asisten pelatih Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

3 dari 6 halaman

Oh In-kyun

Oh In-kyun sudah bermain di Liga Indonesia sejak 2010. Ketika itu, PS Bengkulu menjadi klub pertama Oh In-kyun di Indonesia.

Oh In-kyun kemudian melanjutkan petualangan ke PSMS Medan pada 2011. Kemudian, Oh In-kyun sempat membela Persela Lamongan (2012-2014), Gresik United (2016), Mitra Kukar (2017), Persib Bandung (2018), Persipura Jayapura (2019), dan hingga kini membela Arema FC.

Sebagai gelandang, Oh In-kyun selalu mendapatkan peran penting di klubnya. Namun, sampai saat ini belum ada gelar yang mampu dipersembahkan pemain berusia 35 tahun tersebut.

4 dari 6 halaman

Lee Yoo-joon

Lee Yoo-joon sudah bermain di Liga Indonesia sejak 2016. Bhayangkara FC adalah klub pertama dan satu-satunya yang sampai saat ini dibela Lee Yoo-joon.

Musim terbaik Lee Yoo-joon bersama Bhayangkara FC terjadi pada 2017. Ketika itu, Lee Yoo-joon mempunyai peran penting membantu Bhayangkara FC menjuarai Liga 1 2017.

Sejauh ini, Lee Yoo-joon sudah tampil sebanyak 107 kali dan mencetak enam gol. Lee Yoo-joon juga sedang dalam proses meraih status Warga Negara Indonesia (WNI). Hal itu dilakukannya karena rasa cinta yang besar terhadap Indonesia.

Musim ini, Lee Yoo-joon belum sekalipun bermain untuk Bhayangkara FC. Pemain 30 tahun itu tak bisa bermain karena Bhayangkara FC sudah mendaftarkan 4 pemain asing sehingga menunggu proses WNI Lee Yoo-joon rampung.

5 dari 6 halaman

Lim Joon-sik

Lim Joon-sik datang pertama kali ke Indonesia untuk memperkuat Sriwijaya FC pada 2010-2012. Bersama Laskar Wong Kito, pemain dengan posisi gelandang bertahan ini berhasil menjuarai Indonesia Super League (ISL) 2011-2012.

Kehebatannya sebagai gelandang pengangkut air membuat Persipura Jayapura tertarik. Lim Joon-sik diangkut ke tim berjulukan Mutiara Hitam tersebut pada 2012-2016.

Pemain yang tengah pensiun ini juga sukses mengantar Persipura Jayapura menjuarai ISL musim 2013.

Musim 2016 menjadi tahun terakhir Lim Joon-sik beredar di Liga Indonesia. Setelah membela Barito Putera, pemain berusia 38 tahun ini memutuskan untuk gantung sepatu.

6 dari 6 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer