Sukses


3 Klub Indonesia yang Kebijakan Belanja Pemainnya Bergaya Los Galacticos

Bola.com, Jakarta - Real Madrid memiliki julukan Los Galacticos karena kerap mendatangkan pemain terbaik dunia. Zinedine Zidane, Cristiano Ronaldo, Richardo Kaka, Luis Figo menjadi satu di antara pemain bintang yang pernah membela El Real.

Musim ini, Real Madrid juga mendaratkan bintang Chelsea, Eden Hazard yang mengabisakan uang snilai 100 juta euro. Padahal mereka juga sudah menumpuk beberapa pemain bintang dalam beberapa tahun terakhir.

Titel Los Galacticos atau tim bertabur bintang juga pernah menghiasi sepak bola Indonesia. Arema pada ISL 2013 dan Madura United pada Liga 1 2019 sempat mendapat titel tersebut karena mengumpulan para pemain bintang yang bersinar di Indonesia.

Namun, skuat bertabur bintang kedua klub tersebut gagal meraih juara. Arema hanya finis sebagai runner-up ISL 2013 sementara Madura United finis di peringkat kelima Liga 1 2019.

Menyambut Liga 1 2020, klub-klub Indonesia mendatangkan pemain berkelas untuk memperbaiki performa mereka. Nominal kontrak luar biasa tinggi.

Bisa dibayangkan gusarnya mereka kompetisi Shopee Liga 1 2020 harus disetop sementara gara-gara pandemi corona COVID-19. Investasi besar sejumlah klub terancam. Berikut tiga klub Indonesia yang layak mendapat status Los Galacticos di Liga 1 2020:

Video

2 dari 4 halaman

Bali United

Bali United merupakan jawara Liga 1 2019 dengan bermaterikan pemain bintang seperti Stefano Lilipaly, Paulo Sergio, Ilija Spasojevic dan Melvin Platje.

Lilipaly merupakan pemain berpaspor Indonesia yang memiliki nilai pasar termahal versi Transfermarkt.

Skuat Bali United musim ini juga bertambah dengan kedatangan dua pemain berlabel Timnas Indonesia, yakni Nadeo Argawinata dan Gavin Kwan Adsit.

3 dari 4 halaman

Persija

Persija Jakarta menyambut Liga 1 2020 dengan belanja pemain besar-besaran. Tak tanggung-tanggung, tiga pemain besar Indonesia didatangkan, yakni Alfath Fathier, Evan Dimas Darmono, dan Marc Klok.

Alfath Fathier dan Evan Dimas Darmono merupakan pemain dengan label Timnas Indonesia. Sementara Marc Klok bersinar saat membela PSM Makassar. Sebelumnya Persija sudah memiliki deretan bintang, di antaranya Marco Simic, Riko Simanjuntak, dan Andritany Ardhiyasa.

4 dari 4 halaman

Bhayangkara FC

Bhayangkara FC secara mengejutkan mendatangkan lima pemain bintang pada bursa transfer Indonesia musim ini. Lima pemain tersebut adalah Renan Silva, Ezechiel N'Douassel, Andik Vermansah, Ruben Sanadi, dan Titus Bonai.

Mereka juga memiliki keinginan untuk menjadi kampiun Liga 1 2020 dengan menyandang status Los Galacticos. Selain lima pemain di atas, Bhayangkara FC juga dihuni oleh talenta-talenta terbaik Indonesia seperti Nur Hardianto, Rangga Muslim, dan Adam Alis.

Video Populer

Foto Populer