Sukses


Bek Persik Setuju Liga 1 2020 Berlanjut untuk Memaksimalkan Pemain demi Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - Bek tengah Persik Kediri, Vava Mario Yagalo, mengaku sepakat dengan niat PSSI melanjutkan kompetisi Liga 1 2020 untuk memberikan menit bermain kepada para pemain muda untuk mempersiapkan diri tampil di Piala Dunia U-20 2021. Namun, Vava Mario Yagalo juga meminta para pemain muda tersebut memperlihatkan kemampuan maksimal dalam kompetisi.

Beberapa pekan lalu, PSSI mengeluarkan wacana jika Liga 1 2020 akan dilanjutkan. Selain dipusatkan di Jawa, PSSI menyampaikan alasan bergulirnya kembali Liga 1 bertujuan untuk memperkuat pondasi para pemain muda yang nantinya akan dipilih untuk memperkuat Timnas Indonesia U-19 yang diproyeksikan untuk Piala Dunia U-20 2021.

Sesuai dengan kalendar FIFA, Piala Dunia U-20 akan silaksanakan di Indonesia pada Mei 2021 mendatang.

"Saya sepakat dengan alasan PSSI memainkan pemain muda dalam lanjutan kompetisi nanti. Tapi, dengan catatan, para pemain muda itu harus menampilkan permainan terbaik agar dinilai layak bermain dalam sebuah pertandingan," kata Vava Mario Yagalo kepada Bola.com, Rabu (10/06/2020).

Vava menambahkan jika para pemain muda itu beruntung karena aturan mendapatkan kesempatan bermain di level kompetisi ketat seperti Liga 1. Hal itu tentu berbeda dengan masa di mana Vava harus berjuang keras bersaing dengan senior untuk mendapatkan tempat di tim inti atau sekadar mendapatkan menit bermain.

"Mereka, para pemain muda sekarang lebih beruntung. Kesempatan bermain sangat terbuka lebar karena ada aturan yang mengharuskan pemain muda dimainkan setiap klub. Pada masa saya jadi pemain muda, harus berlatih keras, memeras keringat lebih dalam agar bisa bermain setelah bersaing dengan senior," ujarnya.

"Jadi, sangat percuma kalau para pemain muda sekarang tidak mampu memanfaatkan kesempatan yang terbuka ini untuk menunjukkan bahwa dia layak berada di dalam tim dan layak bermain di Piala Dunia U-20 nanti," tambahnya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Mentalitas yang Kuat

Sedikit membayangkan penampilan Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2021, Vava belum bisa memberikan komentarnya lebih jauh akan seperti apa penampilan pemain-pemain muda Indonesia.

Namun, target semifinal yang diusung bisa tercapai asal mental setiap pemain kuat.

"Ini Piala Dunia, mental mereka harus kuat karena tekanan pasti lebih tinggi. Saya belum melihat permainan mereka, tapi kalau lihat pelatih asal Korea Selatan ini sangat disiplin," ujar Vava.

"Tinggal bagaimana pemainnya saja, kalau mau sukses ya ikuti setiap arahan pelatih dan berlatih keras. Selamat berjuang," lanjutnya sembari menutup pembicaraan.

Video Populer

Foto Populer