Sukses


Pemerintah Persilakan PSSI Gelar Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19 di Mana Saja

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali, menyebut Pemerintah tak pernah membatasi tempat pemusatan latihan untuk Timnas Indonesia U-19. Zainudin menyebut, pihaknya mempersilakan PSSI untuk memilih tempat di mana saja.

Rencana Shin Tae-yong yang memilih Korea Selatan sebagai tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 menjadi polemik. PSSI tak sepakat dengan rencana tersebut karena situasi yang tidak memungkinkan.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri, menyebut situasi itu sulit dilakukan di tengah pandemi virus corona. Apalagi membawa para pemain, ofisial, dan staf pelatih selama satu bulan ke Korea Selatan.

Selain itu, alasan pendanaan diyakini sebagai hambatan buat Shin Tae-yong memboyong Timnas Indonesia U-19. Membawa Tim Garuda Muda dan ofisial selama sebulan ke Korea Selatan tentu membutuhkan dana besar.

Terkait hal itu, Zainudin Amali menyebut Pemerintah siap membantu PSSI dalam pendanaan. Namun, Pemerintah tentunya akan melakukan peninjauan ulang agar setiap uang yang dikeluarkan bisa dipertanggungjawabkan.

"Saya sudah diperintah Pak Presiden. Mau latihan di mana saja ikuti, kami tidak ada batasan. Bukan hanya boleh di dalam negeri, tidak seperti itu," kata Zainudin Amali saat menjadi pembicara diskusi virtual yang diselenggarakan Indonesia Millenials dan Generation Z (I'M Gen Z), Senin (22/6/2020).

"Komitmen Pemerintah, mau latihan di mana saja silakan. Mau di negara mana silakan. Negara yang biayai. Akan tetapi, ini menyangkut APBN sehingga proposal yang diajukan harus kami review. Setiap satu rupiah harus dipertanggungjawabkan," tegas Zainudin.

Dukungan Pemerintah Republik Indonesia untuk Timnas Indonesia U-19 cukup masuk akal. Seperti diketahui, tak hanya ingin sukses penyelenggaraan, Pemerintah juga berharap Timnas U-19 bisa melangkah jauh di turnamen tersebut.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Shin Tae-yong Melunak

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membantah adanya konflik dengan PSSI. Shin mengaku hanya memiliki perbedaan pendapat dengan PSSI soal tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

Shin Tae-yong tak ingin mempermasalahan tempat pemusatan latihan Tim Garuda Muda dibesar-besarkan. Pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu mengaku siap menggelar pemusatan latihan di mana saja.

"Ini bukan tentang konflik dengan PSSI, akan tetapi pemilihan tempat pemusatan latihan. Media lokal memberitakan saya memiliki konflik dan berselisih dengan PSSI. Itu tidak penting sekarang," kata Shin Tae-yong seperti dikutip KBS, Minggu (21/6/2020).

"Paling penting buat masyarakat Indonesia adalah perkembangan tim sepak bolanya dalam mencapai prestasi. Saya memang berencana untuk membawa Timnas Indonesia U-19 ke Gyeongju dan berlatih di sana, tapi sekarang saya bersedia melatih di mana saja," tegas Shin Tae-yong.

PSSI meminta Shin Tae-yong untuk segera kembali ke Indonesia. Rencananya, pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 bakal digelar pada Juli 2020.

Video Populer

Foto Populer