Sukses


Pesona 4 Stadion Indonesia yang Sudah Ditinjau FIFA untuk Jadi Venue Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, memimpin rapat untuk persiapan Piala Dunia U-20 2021 di Istana Negara, Rabu (1/7/2020).

Dalam rapat itu dibahas mengenai stadion. PSSI telah mengajukan enam stadion di beberapa wilayah. 

Empat stadion di Indonesia itu sudah ditinjau oleh FIFA untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Sementara, ada dua venue yang belum pernah ditinjau oleh otoritas sepak bola dunia itu.

"Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) membutuhkan kepastian, baik untuk persiapan admnistrasi, maupun pengerjaan secara fisik," ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali saat sesi jumpa pers di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Rabu (1/7/2020).

"Kalau FIFA memutuskan lain, tentu baru akan disesuaikan. Tetapi yang jelas dari enam stadion itu empat sudah pasti dan tidak berubah. Tinggal yang dua ini sambil dikerjakan."

"Maka tadi keputusannya adalah minta supaya PSSI segara berkomunikasi dengan FIFA untuk memutuskan itu. Karena ini pekerjaan bukan hanya sehari dua hari," tambah menteri berusia 58 tahun ini.

Berikut ini stadion yang sudah ditinjau FIFA untuk Piala Dunia U-20 2021.

2 dari 6 halaman

Stadion Gelora Bung Karno

Stadion Utama Gelora Bung Karno bakal menjadi primadona PSSI untuk maju dalam pemilihan tuan rumah Piala Dunia U-20 2021.

Seorang suporter memberikan dukungan saat laga persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Islandia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Dengan kapasitas 77.193 penonton dan fasilitas terbaru setelah direnovasi untuk Asian Games 2018, SUGBK diharapkan bisa menjadi pertimbangan FIFA untuk menunjuk Indonesia.

Sejumlah suporter antri untuk menyaksikan laga persahabatan antara Timnas Indonesia melawan Islandia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Minggu (14/1/2018). Timnas Indonesia kalah 1-4 dari Islandia. (Bola.com/M Iqbal Ichsan)

Ditambah lagi, fasilitas di komplek Senayan juga semakin lengkap setelah digunakan untuk Asian Games. Soal akomodasi, klub peserta juga akan dimudahkan karena terletak di pusat kota.

Gedung perkantoran yang menjulang tinggi dan Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, (12/9/2017). Stadion Utama GBK dan kawasan olah raga senayan bersolek menyambut ASIAN Games 2018. (Dok Bola.com)

3 dari 6 halaman

Stadion Kapten I Wayan Dipta

Stadion I Wayan Dipta, Gianyar, yang menjadi markas Bali United, baru-baru ini menjadi kandang alternatif Timnas Indonesia.

Perawatan Stadion I Wayan Dipta, Gianyar. (Bola.com/Aditya Wany)

Terletak di Bali, stadion ini menjadi keunggulan sebagai pendamping SUGBK. Faktor utama yang mendukung ialah banyaknya pesawat dari luar negeri yang direct ke Denpasar.

4 dari 6 halaman

Stadion Gelora Bung Tomo

Stadion Gelora Bung Tomo sebagai markas Persebaya Surabaya diajukan PSSI untuk menjadi venue Piala Dunia U-20 2021. Dengan kapasitan 55.000 penonton, GBT punya pesona tersendiri di wilayah Jawa Timur.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan bersama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini (Risma) meninjau lapangan ke Stadion Utama Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya pada Senin, 1 Februari 2020. (Foto: Liputan6.com/Dian Kurniawan)

5 dari 6 halaman

Stadion Manahan

Beranjak ke Kota Solo. Stadion Manahan, yang sedang dalam tahap renovasi, juga menjadi venue pertandingan Piala Dunia U-20. Terletak di pusat kota, akses ke stadion ini sangat mudah.

Hamparan rumput Zoysia Matrella tumbuh subur dan hijau, menjadi kebanggaan Stadion Manahan. (Bola.com/Vincentius Atmaja)

Stadion Manahan sudah berpengalaman menjadi venue ajang internasional termasuk menjadi kandang alternatif Timnas Indonesia.

6 dari 6 halaman

Video

Kiper Persita Tangerang, Annas Fitrianto Tetap Bugar Jelang Kembalinya Shopee Liga 1 2020

Video Populer

Foto Populer