Sukses


Perjalanan Juara Liga 1 2017-2019: Bali United Paling Enteng, Persija Menyalip di Tikungan Terakhir

Bola.com, Jakarta - Perjalanan berbeda mewarnai kisah Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan Bali United, dalam merengkuh trofi Liga 1 dalam tiga musim belakangan.

Labbola secara khusus mengulas perjalanan ketiga klub tersebut pada Liga 1 2017-2019 secara posisi di klasemen selama 34 pekan. Bali United paling dominan dengan 24 pekan bertahan sebagai pemuncak di tabel persaingan.

Bhayangkara FC tercatat menguasai klasemen sebanyak 10 kali sebelum bertahta di Liga 1 2017. Dibandingkan Persija dan Bali United, tim berjulukan The Guardian itu juga menjadi kesebelasan pengumpul poin terbanyak dengan 37 angka.

Sementara itu, Persija Jakarta hanya dua kali merasakan dinginnya berada di pucuk klasemen ketika menjuarai Liga 1 2018. Saat itu, Ismed Sofyan dan kawan-kawan berhasil menyalip PSM Makassar pada pekan ke-33.

Dibandingkan Bhayangkara FC dan PSM Makassar, pertarungan Persija Jakarta secara klasemen paling berat. Tim berjulukan Macan Kemayoran itu pernah terpuruk di posisi ke-16 pada pekan ke-12 sebelum konsisten di peringkat empat besar mulai pekan ke-22.

Superioritas Bali United begitu terlihat dalam klasemen akhir. Armada Stefano Cugurra Teco ini unggul sepuluh poin dari pesaing terdekatnya, Persebaya Surabaya.

Bahkan, Bali United telah berhasil menyegel gelar juara ketika Liga 1 2019 masih menyisakan empat pertandingan.

Berbeda dengan Bali United, usaha Bhayangkara FC dan Persija Jakarta sangat berdarah-darah untuk mengunci titel juara. Kedua klub sama-sama membutuhkan pertandingan terakhir demi memastikan trofi Liga 1 pulang ke tanah ibu kota.

2 dari 3 halaman

Pergerakan Klasemen Kampiun Liga 1 2017-2019 Versi Labbola

3 dari 3 halaman

Video

Wawancara Elkan Baggott

Video Populer

Foto Populer