Sukses


Witan Sulaeman: Aksi Menawan Lionel Messi, Mesjid di Novi Pazar, hingga Ambisi Membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20

Bola.com, Jakarta - Witan Sulaeman angkat bicara soal sosok yang menjadi panutannya di lapangan hijau. Wonderkid Indonesia ini mengaku mengidolakan Lionel Messi, superstar Barcelona.

"Kalau ditanya siapa pemain idola saya, jawabannya: Lionel Messi," kata Witan, dalam sebuah acara unjuk wicara yang dihelat Garuda Nusantara Channel.

Witan menyebut, ia banyak belajar dari sosok Messi. Salah satu yang ia pelajari adalah bagaimana pemain asal Argentina ini bisa melepaskan diri dari tekanan dan kawalan pemain lawan.

"Sebelum pertandingan, saya biasanya menonton video pertandingan sepak bola luar negeri. Mungkin dalam pertandingan tersebut ada situasi sama dengan yang saya hadapi," tutur Witan.

"Jadi, saya bisa mengingat dan meniru yang dilakukan para pemain di video yang saya tonton," ia menambahkan.

Witan Sulaeman memiliki kelebihan yang hampir sama dengan Messi. Pemain asal Palu tersebut dikenal memiliki kemampuan di atas rata-rata untuk lepas dari tekanan dan kawalan lawan.

Kelebihan inilah yang membuat Witan mampu menembus orbit kompetisi di Eropa. Saat ini, Witan memperkuat tim asal Serbia, FK Radnik Surdulica.

Selain Messi, ada lagi sosok yang menjadi role model bagi Witan dalam kariernya. Sosok tersebut adalah rekan satu klubnya, Zoran Danoski.

"Di klub ini yang sering memberi saran bagi saya adalah Danoski. Ia sering memberi saran kepada saya, terutama terkait meningkatkan kondisi," ujar Witan.

"Salah satu sarannya adalah agar saya meningkatkan massa otot," timpalnya lagi.

2 dari 4 halaman

Bersiap Hadapi Pramusim

Witan pun bercerita mengenai kedekatannya dengan dua pemain muslim di FK Radnik, yakni Zoran Danoski dan Sead Islamovic.

"Semua rekan setim baik, tapi yang paling dekat itu yang saya sering upload di insta story saya namanya Danovski."

"Dan juga ada Sead , karena mereka sama-sama beragama Islam," ujarnya.

"Satu minggu saya pernag menginap di rumah Sead. Karena dia juga muslim, dia memperlihatkan kotanya, Novi Pazar yang sebagian besar penduduknya adalah muslim."

"Selama di sana, saya pergi bersama dia ke masjid untuk beribadah karena di sana banyak masjid," kata Witan.

Liga Utama Serbia baru saja usai pada pekan lalu, dimana Witan Sulaeman sempat mencicipi dua pertandingan bersama Radnik Surdulica.

FK Radnik Surdulica mengakhiri musim 2019-2020 dengan berada di peringkat 10. Radnik pun langsung merancang pra-musim untuk menyambut musim baru, termasuk mengagendakan lima laga uji coba.

Bintang musa Indonesia, Witan Sulaiman memastikan dirinya akan masuk ke dalam skuat utama Radnik untuk pra musim.

"Besok sudah mulai latihan bersama. Tiga hari kemudian diadakan training camp dua minggu untuk persiapan tim," kata Witan Sulaiman.

3 dari 4 halaman

Piala Dunia U-20

Witan mengatakan akan terus berlatih dengan Radnik agar bisa tampil di Piala Dunia U-20 2021 mendatang bersama Timnas Indonesia.

"Saya ingin sekali membela Timnas Indonesia di Piala Dunia," ujar Witan

"Itu adalah impian terbesar saya saat ini," sambungnya.

"Saya harus banyak berlatih. Di sini saya juga berlatih untuk lebih siap lagi mengikuti Piala Dunia," tutur Witan.

"Apalagi, tim-tim yang akan kita hadapi adalah negara-negara Eropa. Postur tubuh pemain mereka pasti besar," ujar penyerang kelahiran 8 Oktober 2001 itu.

 

4 dari 4 halaman

Video

Wawancara Elkan Baggott

Video Populer

Foto Populer