Sukses


Sikap Persipura Terkait Kelanjutan Liga 1 2020, Tergantung Restu Pemerintah

Bola.com, Jakarta - Persipura Jayapura belum mau mengambil sikap terkait rencana kembali bergulirnya Shopee Liga 1 2020. Sekretaris Umum Persipura, Rocky Babena, menyebut pihaknya menunggu restu dari Pemerintah Indonesia.

PSSI sudah menggulirkan wacana untuk melanjutkan kompetisi Shopee Liga 1 2020 pada Oktober mendatang. Namun, sikap Persipura Jayapura sampai saat ini masih konsisten sebagai pihak yang tidak mendukung.

Menurut Rocky Babena, sikap Persipura bakal berubah jika Liga 1 2020 mendapatkan restu dari pemerintah. Namun, jika PSSI tetap menggelar kompetisi tanpa restu dan izin pemerintah, maka Persipura memilih untuk mundur.

"Persipura sudah sejak awal memang menegaskan kompetisi sebaiknya saat ini tidak dijalankan terlebih dahulu. Sebab, masih memiliki risiko yang sangat tinggi," kata Rocky Babena ketika dihubungi wartawan.

"Jika PSSI tetap mau menggelar kompetisi, kami menunggu saja apakah pemerintah mengizinkan atau tidak? Sebaiknya ditunda bila gugus tugas tidak merekomendasikannya. Jika digelar tanpa adanya izin dari pemerintah, sudah jelas kami tidak akan ikut berpartisipasi," tegas Rocky.

Pernyataan tegas Persipura Jayapura melalui Rocky Babena sudah sangat wajar. Hal itu mengacu kepada kasus positif virus corona yang masih terjadi di Indonesia, termasuk terdapat penambahan 80 kasus baru di Provinsi Papua, per Jumat (10/7/2020).

"Masih ada kasus positif di Jayapura sampai dengan saat ini. Jadi, kami belum bisa pastikan kapan ini akan selesai," ujar Rocky Babena.

2 dari 3 halaman

Dapat Penghargaan

Persipura Jayapura menjadi klub Shopee Liga 1 2020 yang paling peduli dengan pandemi virus corona. Klub berjulukan Mutiara Hitam itu menyumbangkan seluruh dana subsidi dari PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebesar Rp508 juta untuk membantu memerangi pandemi virus corona.

Donasi tersebut disalurkan melalui Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID‑19. Atas kepeduliannya tersebut, Persipura mendapatkan penghargaan yang diserahkan langsung oleh Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID‑19, Doni Monardo.

Ketua Persipura, Benhur Tomi Mano, menyebut donasi yang diberikan Persipura merupakan bentuk aksi kemanusiaan. Persipura merasa tergerak dengan adanya musibah yang menimpa Indonesia dan dunia.

"Donasi kami ke Gugus Tugas COVID-19 ini semata-mata hanya aksi kemanusiaan yang membuat Persipura merasa terpanggil untuk membantu pandemi COVID-19 agar bisa segera teratasi," kata Benhur.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer