Sukses


Daftar Pemain Terbaik Piala AFF, Firman Utina Satu-satunya Wakil Indonesia

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia sudah mengikuti Piala AFF sebanyak 12 edisi sejak 1996. Namun, sampai saat ini belum ada gelar yang mampu diraih Tim Merah Putih.

Padahal, Timnas Indonesia sudah lima kali mencapai babak final, yakni pada 2000, 2002, 2004, 2010, dan 2016. Sebanyak itu pula Tim Merah Putih gagal juara.

Piala AFF 2010 menjadi momentum terbaik Timnas Indonesia dalam meraih gelar juara. Ketika itu, Indonesia diasuh oleh Alfred Riedl.

Timnas Indonesia mampu melahap tiga laga penyisihan dengan kemenangan. Raihan sembilan poin, mencetak 13 gol, dan hanya kebobolan dua kali membuat Timnas Indonesia meraih predikat juara Grup A.

Pada babak semifinal, Timnas Indonesia sukses menyingkirkan Filipina dengan agregat 2-0. Sayang, impian meraih gelar pertama kali kandas di tangan Malaysia. Timnas Indonesia takluk dengan agregat 2-4 dari Harimau Malaya.

Kapten Timnas Indonesia Firman Utina merayakan golnya ke gawang Laos pada partai Piala AFF di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, 4 Desember 2010.AFP PHOTO/ADEK BERRY

Meski demikian, Indonesia mendapatkan pelipur lara dengan terpilihnya Firman Utina sebagai Pemain Terbaik Piala AFF 2010. Pemilihan itu tak sekadar hiburan buat Indonesia yang gagal juara.

Firman Utina memang layak mendapatkan gelar tersebut. Sepanjang penyisihan hingga final, Firman Utina adalah motor serangan Timnas Indonesia.

Kemampuannya di lini tengah membuat permainan Timnas Indonesia terorganisasi. Firman Utina juga sukses mencetak dua gol pada Piala AFF 2010.

Sampai saat ini, Firman Utina menjadi satu-satunya pemain Timnas Indonesia yang mendapatkan penghargaan Pemain Terbaik Piala AFF. Meskipun demikian, penghargaan individu itu tak terlalu mampu menghibur rakyat Indonesia yang sudah rindu juara.

Firman Utina kemudian pensiun dari Timnas Indonesia pada 2014. Secara keseluruhan, Firman Utina sukses mengumpulkan 66 caps atau pemain kedua dengan penampilan terbanyak di Timnas Indonesia.

2 dari 4 halaman

Meraba Peluang

Piala AFF 2020 menjadi kesempatan emas buat Timnas Indonesia dalam mencetak sejarah untuk menjadi juara. Secara kualitas, Timnas Indonesia didukung segalanya.

Mulai dari pelatih kelas dunia, Shin Tae-yong, hingga materi pemain berkualitas yang tersedia. Jika Timnas Indonesia mampu meraih gelar juara, ada beberapa nama pemain yang layak menyabet gelar pemain terbaik.

Pertama adalah Andik Vermansah. Sejauh ini, Andik merupakan nyawa permainan Timnas Indonesia di sektor sayap.

Andik bisa diandalkan dalam membangun serangan hingga mencetak gol dan assist. Andik bisa menjadi andalan di lini serang Timnas Indonesia.

Kemudian juga ada sosok Evan Dimas. Tak bisa dimungkiri, Evan merupakan sosok gelandang terbaik yang ada saat ini di Indonesia.

Evan memiliki gaya permainan yang khas dan menjadi penyeimbang antara lini depan dan belakang. Evan juga bisa diandalkan dalam mencetak gol.

Kemudian nama terakhir yang bisa menjadi pemain terbaik Piala AFF 2020 adalah Beto Goncalves. Pada usia yang sudah tak lagi muda, yakni 39 tahun, Beto masih mampu menunjukkan permainan terbaiknya.

Tak bisa dimungkiri, Beto adalah pemain paling subur yang dimiliki Timnas Indonesia saat ini. Beto sukses mencetak 10 gol dalam 12 laga yang dimainkannya sejak mendapatkan status WNI pada 2018.

3 dari 4 halaman

Daftar Lengkap Pemain Terbaik AFF

1. Zainal Abidin Hassan (Malaysia) Piala Tiger/AFF 1996

2. Nguyen Hong Son (Vietnam) Piala Tiger/AFF 1998

3. Kiatisuk Senamuang (Thailand) Piala Tiger/AFF 2000

4. Therdsak Chaiman (Thailand) Piala Tiger/AFF 2002

5. Lionel Lewis (Singapura) Piala Tiger/AFF 2004

6. Noh Alam Shah (Singapura) Piala AFF 2007

7. Duong Hong Son (Vietnam) Piala AFF 2008

8. Firman Utina (Indonesia) Piala AFF 2010

9. Shahril Ishak (Singapura) Piala AFF 2012

10. Chanathip Songkrasin (Thailand) Piala AFF 2014

11. Chanathip Songkrasin (Thailand) Piala AFF 2016

12. Nguyen Quang Hai (Vietnam) Piala AFF 2018

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Video Populer

Foto Populer