Sukses


Beradaptasi dengan New Normal, Arema FC Berencana Tiru Program Latihan Klub Malaysia

Bola.com, Malang - Sejumlah klub Liga 1 akan memulai latihan kembali pada bulan ini untuk mempersiapkan diri melanjutkan Liga 1 2020 yang diputuskan bergulir mulai 1 Oktober mendatang. Arema FC menjadi klub yang akan memulai latihan pada pekan ketiga Juli 2020, di mana protokol kesehatan telah dibuat oleh dokter Arema, Nanang Tri Wahyudi.

Pelatih Arema FC, Mario Gomez, akan memulai latihan Arema pada 20 Juli mendatang. Dengan protokol kesehatan untuk latihan sudah dibuat oleh dokter tim, kini hanya tinggal menantikan bagaimana mengimplementasikan di lapangan.

Sebenarnya, Arema FC sempat memiliki wacana meniru program latihan klub China, Guangzhou Evergrande. Eks kapten Timnas Italia, Fabio Cannavaro, yang menjadi pelatih di sana, sempat membagi timnya menjadi dua kelompok untuk berlatih. Kedua kelompok itu berlatih pada waktu yang berbeda, sehingga tetap bisa menjaga jarak antarpemain dan tidak terlalu banyak melibatkan orang dalam sebuah sesi latihan.

Namun, setelah beberapa kali berdiskusi dengan manajemen sejumlah klub di Indonesia, Arema melihat program di China juga dijalankan klub Malaysia.

"Saya mengetahui informasi itu dari Persija Jakarta. Buat apa jauh-jauh meniru ke China, karena klub tetangga juga membagi pemainnya saat berlatih. Ada yang membagi menjadi 4 regu," ujar General Manajer Arema FC, Ruddy Widodo.

2 dari 3 halaman

Skema Rencana Latihan

Rencananya dalam latihan perdana 20 Juli mendatang, Arema FC akan melibatkan semua pemain untuk berlatih. Namun, sesi latihan itu digelar tertutup.

Akses masuk bakal ditutup agar tidak banyak orang yang berada di area latihan Singo Edan. Tentu tujuannya untuk menjaga jarak dan memutus rantai penyebaran virus corona.

Artinya, sementara ini Arema ingin menerapkan lebih dulu program latihan bersama dengan skuat penuh karena status Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Malang Raya sudah dicabut pada akhir bulan lalu. Namun, jika memang kembali ada PSBB, Arema bisa meniru cara klub Malaysia tersebut.

Perlu diketahui, Liga Malaysia kemungkinan besar sudah bergulir pada pertengahan Agustus. Meski diputar lebih awal ketimbang Indonesia, aturan ketat berlaku di sana. Jika ada kasus positif corona di lingkup sepak bola, kompetisi bisa langsung dihentikan karena itu semua klub berlomba menjaga kondisi semua pemain, pelatih, dan ofisial dari risiko virus corona.

 

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer