Sukses


Fakta Menarik Shopee Liga 1 dalam Angka: Tahun Ketiga Emtek Group Menjadi Official Broadcaster

Bola.com, Jakarta - Keputusan PSSI sudah bulat. Shopee Liga 1 musim ini harus kembali dilanjutkan, di tengah pandemi virus corona sekalipun.

Sebelumnya, PSSI menangguhkan Shopee Liga 1 pada Maret 2020. Musababnya, wabah COVID-19 mulai mengganas di Tanah Air.

Status kompetisi sempat tidak jelas selama beberapa bulan. PT Liga Indonesia Baru (LIB) sebagai operator Shopee Liga 1 pun bergejolak. Susunan direksi dan komisaris diganti di tengah vakumnya kompetisi.

Hingga pada Juni 2020, PSSI membuat kebijakan. Shopee Liga 1 kembali digelar melanjutkan pertandingan yang telah berlangsung sampai dengan pekan ketiga.

PT LIB juga memastikan Elang Mahkota Teknologi (Emtek Group) sebagai official broadcaster kompetisi. Melalui berbagai stasiun televisi seperti Indosiar dan O Channel serta platform Vidio, tayangan Shopee Liga 1 bakal disalurkan ke seluruh pelosok negeri.

Bagaimana mengambarkan kelanjutan Shopee Liga 1 musim ini dalam angka? Berikut rangkumannya:

2 dari 7 halaman

1

Siap-siap pecinta sepak bola nasional, Shopee Liga 1 akan kembali mengudara di stasiun televisi dan platform milik Emtek pada 1 Oktober 2020. Kompetisi rencananya berlangsung lintas tahun.

PT LIB dalam suratnya mengumumkan Shopee Liga 1 akan berakhir pada 29 Februari 2021. Artinya, kompetisi memakan waktu sekitar lima bulan.

3 dari 7 halaman

4

Shopee Liga 1 akan dimulai pada pekan keempat. Sebelum berhenti, kompetisi baru mengakhiri pekan ketiga.

Namun, ada dua klub yang masih belum bermain di pekan ketiga. Keduanya adalah Persija Jakarta dan Persebaya Surabaya. Duel kedua kesebelasan pada pekan ketiga terpaksa ditunda akibat tidak turunnya izin kepolisian lantaran pandemi COVID-19.

4 dari 7 halaman

50

Kebijakan dari PSSI mengenai kontrak pemain. PSSI mempersilakan setiap peserta Shopee Liga 1 untuk negosiasi ulang kontrak dengan hingga 50 persen.

Keputusan PSSI ini menuai pro dan kontra. Ada yang setuju maupun tidak. Sebelumnya saat kompetisi vakum, PSSI memperbolehkan tiap tim memotong gaji pemainnya hingga 75 persen.

5 dari 7 halaman

3

Kompetisi musim ini menjadi tahun ketiga Emtek Group sebagai official broadcaster Liga 1. Pada dua musim sebelumnya, penayangan kompetisi paling elite di Indonesia ini berjalan suskes.

Sedari awal, Emtek telah berkomitmen untuk berkontribusi terhadap sepak bola Indonesia. Satu di antaranya dengan menyiarkan Liga 1 sejak 2018.

6 dari 7 halaman

9

Persib Bandung masih sempurna di Shopee Liga 1. Tim berjulukan Pangeran Biru itu meraih sembilan poin dari tiga pertandingan.

Persib menjadi satu-satunya tim yang selalu meraih angka penuh dalam tiga partai. Pangeran Biru unggul dua poin dari pesaing terdekatnya, Bali United.

7 dari 7 halaman

Video

Timnas Indonesia Gelar Latihan Perdana Dengan Protokol Kesehatan yang Ketat

Video Populer

Foto Populer