Sukses


Jamuan Makan Malam Tunjukkan Kemesraan Shin Tae-yong, Indra Sjafri, dan PSSI

Bola.com, Jakarta - Makan malam penuh keceriaan tersebut bertajuk selamat datang. Kehangatan itu terpancar dari kedua belah pihak, PSSI dan Shin Tae-yong. Setelah sempat terlibat perang urat syaraf, keduanya mendeklarasikan perdamaian.

PSSI menjamu Shin Tae-yong pada Senin (27/7/2020). Sambutannya berbentuk makan malam. Ada Mochamad Iriawan sebagai Ketua PSSI, Yunus Nusi selaku Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Jenderal (Sekjen) PSSI, dan hadir pula sejumlah anggota Komite Eksekutif (Exco) semodel Endri Erawan dan Haruna Soemitro.

Shin Tae-yong adalah tamu yang ditunggu-tunggu PSSI. Setelah empat bulan mendekam di Korea Selatan, pria yang menjabat sebagai manajer pelatih Timnas Indonesia ini tiba di Jakarta pada 22 Juli 2020.

"Makan malam yang penuh keceriaan. Sekaligus sebagai sambutan selamat datang kembali untuk coach Shin Tae-yong," kata Iriawan.

Usai makan malam, kedua belah pihak saling lempar senyuman. Iriawan terlihat memberikan cinderamata ke Shin Tae-yong. Ada satu foto yang merekam ketika Iriawan begitu bersemangat bertatap muka dengan sang pelatih. Kedua tangannya dikepal ke atas. Maskernya diturunkan ke bawah. Reaksi balasannya? Shin Tae-yong merespons dengan senyuman penuh kegembiraan.

"Saatnya sepak bola bangkit di masa pandemi COVID-19. Majulah Timnas Indonesia!" kata Iriawan.

Video

2 dari 3 halaman

Jabat Tangan Penuh Makna Indra Sjafri dengan Shin Tae-yong

Dilihat-lihat, momen yang paling menyita perhatian ternyata bukan keramahtamahan Iriawan dengan Shin Tae-yong. Melainkan, jabat tangan antara sang pelatih dengan Indra Sjafri.

Gestur ini menunjukkan bahwa keduanya telah berbaikan. Tentu, Iriawan perlu turun tangan untuk kembali melanggengkan keduanya. Tangan Iriawan turut menyatukan jabat tangan Shin Tae-yong dengan Indra Sjafri.

Shin Tae-yong dan Indra Sjafri sempat saling serang di media. Kedua belah pihak buka-bukaan mengenai hubungan selama ini.

Shin Tae-yong menuduh Indra Sjafri tidak sopan setelah kabur begitu saja setelah pemusatan latihan (training centre) Timnas Indonesia U-19 di Thailand, awal Februari 2020. Tidak terima, Indra Sjafri gantian membongkar aib sang pelatih melalui laman PSSI.

3 dari 3 halaman

Sudah Akur, Shin Tae-yong Bisa Gerak Cepat

Setelah makan malan, Shin Tae-yong segera bergerak cepat meramu dua Timnas Indonesia sekaligus, timnas senior dan U-19. Mantan arsitek Timnas Korea Selatan itu telah menentukan latihan pertama pada 1 Agustus 2020 di Stadion Madya, Jakarta.

Timnas Indonesia akan menghadapi dua turnamen penting di tahun ini, Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia dan Piala AFF 2020.

Sementara, Timnas Indonesia U-19 akan berkiprah di Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

Sebelum dua level timnas tersebut, Timnas Indonesia U-16 telah lebih dulu menggeber latihan. Mesin Armada Bima Sakti mulai dipanaskan pada awal Juli 2020 demi menyongsong Piala AFC U-16 2020.

"Timnas Indonesia makin aktif bersiap menghadapi berbagai even tingkat dunia yang menanti. Timnas U-16 menjalankan pemusatan latihan di Bekasi. Pada November 2020, tim asuhan Bima Sakti akan menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di Piala AFC U-16 2020 di Bahrain," ucap Iriawan.

"Timnas Indonesia senior dan U-19 pun sudah berkumpul di Jakarta. Bersiap menerima program dari coach Shin Tae-yong dan staf kepelatihan."

"Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021 juga bersiap mengikuti Piala AFC U-19 2020 di Uzbekistan. Sementara Timnas senior, selain menantikan Piala AFF pada November 2020, juga berpeluang menaikkan peringkat timnas di ranking FIFA melalui lanjutan tiga pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia," tutur Iriawan mengakhiri.

 
 
 
View this post on Instagram

Makan malam yang penuh keceriaan, sekaligus sebagai sambutan selamat datang kembali untuk coach Shin Tae Yong. Timnas kita makin aktif bersiap menghadapi berbagai even tingkat dunia yang menanti. Timnas U-16 menjalankan TC di Stadion Patriot, Bekasi. November nanti, tim asuhan Bima Sakti akan menjadi satu-satunya wakil Asia Tenggara di AFC Cup U-16 di Bahrain. Timnas U-19 dan Timnas Senior pun sudah berkumpul di Jakarta, bersiap menerima program dari coach Shin Tae Yong dan tim pelatih. Timnas U-19 yang akan tampil di Piala Dunia U-20 2021 juga bersiap mengikuti AFC Cup U-19 di Uzbekistan. Sementara Timnas Senior, selain menantikan AFF Cup November nanti, juga berjuang menaikkan peringkat Indonesia di ranking FIFA melalui lanjutan tiga pertandingan Pra Piala Dunia 2022. Dinner dengan coach Shin Tae Yong yang dihadiri Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri, Plt Sekjen Yunus Nusi, anggota Exco Endri Erawan dan jajaran pengurus PSSI lain berlangsung dalam suasana keakraban. Saatnya, sepak bola Indonesia bangkit di masa pandemi ini. Majulah timnas kita! #MochamadIriawan #IwanBule #KitaGaruda #GarudaSatu #PSSIJaya

A post shared by Mochamad Iriawan - Iwan Bule (@mochamadiriawan84) on

Video Populer

Foto Populer