Sukses


Menganalisis Keputusan Shin Tae-yong Tak Panggil Pemain Langganan Timnas Indonesia, Ada 2 Alasan

Bola.com, Jakarta - Mantan pelatih Persiba Balikpapan, Timo Scheunemann, menilai keputusan Shin Tae-yong tidak memanggil beberapa pemain langganan Timnas Indonesia karena pertimbangan tertentu. Menurut Timo, pertimbangan yang dimaksud seperti kebugaran dan gaya permainan.

Publik sepak bola di Tanah Air dikejutkan dengan tidak tercantumnya beberapa pemain langganan Timnas Indonesia dalam daftar 29 pemain yang dipanggil Shin Tae-Young untuk mengikuti pemusatan latihan di Jakarta.

Nama-nama yang sebelumnya selalu mengisi Timnas Indonesia seperti Hansyamu Yama, Stefano Lilipaly, Sadil Ramdhani, dan Andritany Ardhiyasa tidak dipanggil dalam pemusatan latihan kali ini.

Pro dan kontra pun mencuat, mengingat publik sepak bola Tanah Air melihat pemain-pemain tersebut merupakan andalan klubnya masing-masing. Mereka juga selalu menjadi pemain inti di Timnas Indonesia sebelumnya.

Timnas Indonesia melakukan pemusatan latihan untuk persiapan laga lanjutan babak kualifikasi Piala Dunia 2022. Indonesia masih menyisakan tiga pertandingan yakni melawan Thailand, Uni Emirat Arab dan Vietnam.

"Mungkin ada pertimbangan tertentu seperti kebugaran atau gaya permainan," kata Timo Scheunemann kepada Bola.com, Rabu (29/7/2020).

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Kiprah Timnas Indonesia U-19

Timo juga mengomentari soal Timnas Indonesia U-19 yang akan tampil di Piala AFC di Uzbekistan Oktober 2020. Pria yang juga pernah melatih Persema Malang ini meminta publik sepak bola di Indonesia untuk tidak terlalu mengkritik para pemain muda itu agar kemampuannya berkembang.

Selain akan tampil di Piala AFC, Garuda Muda dipastikan tampil di Piala Dunia U-20, Mei ,2021 mendatang setelah Indonesia ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah.

"Untuk pemain muda yang penting merasakan dukungan penuh. Secara emosional atau mental masih labil jadi harus didukung full, tidak cepat dikritik. Pekerjaan Rumah buat tim pelatih dan manajemen untuk menjaga optimisme mereka," ujar Timo Scheunemann.

Video Populer

Foto Populer