Sukses


Piala AFF 2020 Resmi Diundur ke 2021

Bola.com, Kuala Lumpur - Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF) resmi menunda Piala AFF 2020 ke 2021. Langkah ini dilakukan karena pandemi COVID-19 masih menyerang di kawasan Asia Tenggara.

Keputusan itu diambil dalam rapat yang digelar Komite Gugus Tugas AFF pada Kamis (30/7/2020). Penundaan Piala AFF disetujui demi mementingkan kesehatan dan keselamatan semua pihak yakni pemain, pelatih, suporter, dan masyarakat.

"Sejak dimulainya COVID-19, AFF secara ketat memantau panduan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Kementerian Kesehatan, lembaga pemerintah, FIFA, dan AFC. Seperti yang Anda ketahui, pandemi ini terus menimbulkan tantangan kesehatan, sosial, dan ekonomi yang sangat besar bagi kita semua," kata Presiden AFF, Khiev Sameth.

"Prioritas utama AFF adalah kesehatan dan keselamatan keluarga sepak bola kami serta mengurangi dampak pandemi ini. Dengan resiko COVID-19 masih tinggi, AFF memutuskan situasi di mana kami tidak bisa menggelar Piala AFF 2020 dengan aman," tegas Khiev Sameth.

Keputusan untuk menunda Piala AFF ke 2021 dianggap sudah sangat tepat. Khiev Sameth berharap keputusan yang diambil pihaknya bisa dimaklumi dan mendapatkan dukungan dari semua elemen.

"Walaupun ini adalah masa yang belum pernah terjadi sebelumnya di seluruh dunia, kami yakin akan melaluinya bersama dukungan semua pemangku kepentingan. Seperti penggemar, Asosiasi Anggota, pemain, pelatih, media, dan mitra," tegas Khiev Sameth.

Belum diketahui kapan Piala AFF 2021 bakal digelar. Namun, sempat ada usulan turnamen sepak bola dua tahunan antarnegara ASEAN itu bakal dilangsungkan pada Maret 2021.

2 dari 3 halaman

Respons PSSI

PSSI menyatakan penolakan terkait rencana Piala AFF 2021 akan digelar pada 2021 mendatang. Pelaksana Tugas (Plt) Sekjen PSSI, Yunus Nusi, menyebut pada masa itu Indonesia sedang sibuk mengurusi hajatan Piala Dunia U-20 2021.

"Kami menyampaikan kepada AFF, pada periode tersebut PSSI mempersiapkan Piala Dunia U-20. Lalu, waktu itu juga berdekatan dengan Idul Fitri. Kami belum memberikan opsi. Tergantung AFF apakah mereka mau sebelum Piala Dunia U-20 atau setelahnya," tegas Yunus Nusi.

AFF sejauh ini belum menentukan sikap terkait jadwal baru Piala AFF pada 2021. Apalagi tahun tersebut banyak ajang olahraga lainnya semisal Olimpiade Tokyo dll.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer