Sukses


5 Pemain Indonesia Timur Amunisi Ampuh Timnas Indonesia, Bertenaga dan Lincah

Bola.com, Jakarta - Pemain asal Indonesia bagian timur sejak dulu kala memiliki peran yang tak bisa dipisahkan dari sepak bola Indonesia. Warisan para pemain timur masih berlanjut di Timnas Indonesia sampai saat ini.

Pemain dari Indonesia bagian timur merupakan yang berasal atau lahir di Sulawesi, Kepulauan Nusa Tenggara, Kepulauan Maluku, dan Papua. Dalam 29 pemain yang dipanggil pelatih Shin Tae-yong ke pemusatan latihan Timnas Indonesia, lima di antaranya berasal dari Indonesia timur.

Sejak dulu, pemain asal Indonesia timur selalu menjadi nyawa di Timnas Indonesia. Mereka sudah pasti memiliki ketangguhan fisik, kecepatan, dan kemampuan bermain yang mumpuni.

Ketiga faktor tersebut membuat pemain Indonesia timur bisa ditemui di berbagai posisi. Mulai dari pemain belakang, gelandang bertahan dan serang, hingga penyerang.

Tanpa mengecilkan peran pemain dari daerah lain, pemain Indonesia timur juga memiliki karakter keras dan pantang menyerah. Semangat itulah yang membuat mereka selalu mendapatkan tempat di Timnas Indonesia.

Lantas, siapa saja pemain Indonesia timur yang kini melanjutkan warisan kedaerahannya di Timnas Indonesia? Berikut ini lima pemain asal Indonesia timur yang dapat kesempatan unjuk kemampuan di pemusatan latihan Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong.

2 dari 7 halaman

Muhammad Arfan

Muhammad Arfan merupakan pemain yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Karier profesionalnya dimulai pada 2017 dan sampai saat ini masih menjadi gelandang tangguh milik PSM Makassar.

Bakat Muhammad Arfan pertama kali ditemukan pelatih Luis Milla. Nama Muhammad Arfan kemudian dimasukkan ke skuat Timnas Indonesia U-23 untuk persiapan Asian Games 2018.

Muhammad Arfan mengawali debut pada laga melawan Suriah. Namun, namanya tersisih dari skuat Asian Games.

Sejak saat itu, Muhammad Arfan belum lagi mendapatkan kesempatan membela Timnas Indonesia. Pada 2020, berkat penampilan apiknya di PSM Makassar, pelatih Shin Tae-yong kembali memberikan kesempatan untuk pemain berusia 22 tahun itu.

3 dari 7 halaman

Rivky Mokodompit

Rivky Mokodompit merupakan kiper yang berasal dari Kotamobagu, Sulawesi Barat. Kiper berpostur 185 cm itu belum sekalipun mencatatkan debut di Timnas senior.

Pada 2020, pelatih Shin Tae-yong memberi Rivky Mokodompit kesempatan untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Kesempatan tersebut diberikan berkat penampilan apik Rivky bersama Persebaya Surabaya.

Pada pramusim, Rivky Mokodompit berhasil tampil gemilang di bawah mistar gawang Persebaya sekaligus memberikan gelar Piala Gubernur Jatim 2020. Saat ini, posisinya di bawah mistar gawang klub berjulukan Bajul Ijo itu belum tergantikan.

Rivky dikenal sebagai kiper yang bisa memanfaatkan kedua kakinya untuk membangun serangan. Namun, kiper berusia 31 tahun itu memiliki kelemahan yakni sering kehilangan fokus dan konsentrasi.

4 dari 7 halaman

Yakob Sayuri

Yakob Sayuri merupakan gelandang lincah yang berasal dari Kepulauan Yapen, Papua. Pemain berusia 22 tahun itu merupakan nama kejutan di pemusatan latihan Timnas Indonesia kali ini.

Sebelumnya, Yakob Sayuri tak terlalu dilirik untuk Timnas Indonesia, baik kelompok umur dan senior. Namun, pada 2020 ini dirinya berhasil meningkatkan performa PSM Makassar dengan mencetak satu gol di Piala AFC.

Yakob Sayuri merupakan gelandang lincah yang memiliki kecepatan dan dikenal punya stamina yang tangguh. Namun, Yakob Sayuri belum sepenuhnya mampu memaksimalkan peran sebagai pemain sayap.

Hal ini dilihat dari belum adanya umpan atau gol yang dipersembahkannya dalam tiga laga pertama Shopee Liga 1 2020. Menarik untuk menantikan kejutan Yakob Sayuri di bawah asuhan Shin Tae-yong.

5 dari 7 halaman

Asnawi Bahar

Asnawi Mangkualam Bahar merupakan pemain asal Makassar, Sulawesi Selatan. Asnawi mengawali kariernya sebagai pesepak bola sebagai gelandang bertahan.

Namun, ketika bersama Timnas Indonesia U-19, Asnawi menjadi bahan percobaan pelatih Indra Sjafri. Ketika itu, Indra Sjafri menggeser Asnawi ke posisi bek kanan.

Perlahan tetapi pasti, akhirnya Asnawi terbiasa bermain di posisi tersebut. Sampai saat ini, Asnawi memiliki posisi khas sebagai bek kanan.

Penampilan apiknya di posisi tersebut mampu mengantarkannya sebagai pemain inti di PSM Makassar. Hal itu pula yang membuatnya mendapatkan panggilan dari Shin Tae-yong di Timnas Indonesia.

6 dari 7 halaman

Osvaldo Haay

Osvaldo Haay merupakan gelandang asal Jayapura, Papua. Bicara kualitas, Osvaldo Haay tak perlu diragukan lagi di lini depan karena sosok pemain sayap yang tajam dan memiliki kelincahan di Timnas Indonesia.

Pemanggilan ini menjadi kesempatan buat Osvaldo Haay untuk mencuri perhatian pelatih Shin Tae-yong. Osvaldo memang sudah punya pengalaman di Timnas senior setelah memulai debut pada 2017 dan sejauh ini mengoleksi lima penampilan dengan koleksi 1 gol.

Namun, di level Timnas Indonesia U-22, Osvaldo Haay punya rekam jejak gemilang. Pada SEA Games 2019 lalu, Osvaldo berhasil membantu tim asuhan Indra Sjafri meraih medali perak.

Osvaldo membuktikan ketajamannya di lini depan. Pemain asal Papua itu sempat digeser ke posisi depan dan sukses mencetak delapan gol sekaligus menyabet predikat top scorer bersama pemain Vietnam, Ha Duc Chinh.

Shin Tae-yong akan punya opsi lebih ketika memainkan Osvaldo Haay di dalam timnya. Efisien dan cepat dalam membangun serangan dari sisi sayap, dan tajam ketika dipercaya menjadi seorang striker di lini depan.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer