Sukses


Setelah 2 Kali Tertunda, Timnas Indonesia Dijadwalkan Mulai Pemusatan Latihan 7 Agustus

Bola.com, Jakarta - Setelah tertunda dua kali, Timnas Indonesia kini dijadwalkan memulai pemusatan latihan pada Jumat (7/8/2020). Manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mengakui penundaan selama ini tak lepas dari keinginannya memastikan semua pemain tak ada yang terinfeksi COVID-19.

Timnas Indonesia yang berkumpul di Jakarta untuk melakukan pemusatan latihan, baik senior maupun U-19, hingga saat ini belum memulai latihan di Stadion Madya, Senayan. Awalnya pemusatan latihan direncanakan pada 23 Juli hingga 8 Agustus, tapi setelah para pemain menjalani swab test pertama, Tim Garuda menunda latihan perdana hingga 1 Agustus.

Namun, sampai saat ini Timnas Indonesia belum kunjung memulai latihan di lapangan dan tetap berada di penginapan. Perkembangan terbaru, PSSI merencanakan pemusatan latihan tersebut akan digelar perdana pada Jumat (7/8/2020).

"Saya ingin memastikan seluruh pemain tidak terkena COVID-19 sebelum memulai latihan di lapangan. Kami juga meminta tim medis untuk mendapatkan second opinion dengan melakukan swab test lagi ke rumah sakit yang lain," ujar Shin Tae-yong dalam situs resmi PSSI.

Para pemain Timnas Indonesia sudah tiga kali menjalani swab test hingga sejauh ini, yang diikuti 98 pemain, baik senior maupun U-19, dan ofisial tim. Penundaan latihan di lapangan membuat para pemain melakukan latihan secara mandiri di penginapan.

Video

2 dari 2 halaman

Penyesuaian

Shin Tae-yong juga mengungkapkan bahwa ada beberapa pemain yang baru bergabung dalam beberapa hari terakhir, terutama mereka yang datang dari Eropa.

Seperti dalam pengumuman sebelumnya, Shin Tae-yong memang memanggil Egy Maulana Vikri mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia dan David Maulana, Brylian Aldama, dan Elkan Baggot untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19.

"Selain itu, ada beberapa pemain dari ERopa yang baru bergabung dengan kami, tentu harus melakukan penyesuaian lebih dulu. Kami ingin semua pemain harus steril," ujar mantan pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu.

Sementara itu, kepala medis PSSI dan juga kepala dokter Timnas Indonesia, Syarif Alwi, juga mengonfirmasi keinginan Shin Tae-yong terkait second opinion lewat swab test di rumah sakit yang lain.

"Kami sudah berkoordinasi dengan rumah sakit rujukan COVID-19 yang diminta pelatih dan menunggu arahan selanjutnya dari federasi," ujar dokter yang karib disapa Papi itu.

Timnas Indonesia menjalani pemusatan latihan sebagai persiapan menghadapi tiga laga tersisa di Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, menghadapi Thailand, Uni Emirat Arab, dan Vietnam.

Sementara itu, Timnas Indonesia U-19 menjalani pemusatan latihan untuk mengikuti Piala AFC U-19 2020 yang berlangsung 14 hingga 31 Oktober di Uzbekistan. Selain itu ini menjadi seleksi awal bagi Shin Tae-yong memilih para pemain yang akan berkiprah di Piala Dunia U-20 2021, di mana Indonesia menjadi tuan rumah.

Sumber: PSSI

Video Populer

Foto Populer