Sukses


5 Pemain Sarat Pengalaman di Timnas Indonesia, Wajib Memukau Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Pelatih Shin Tae-yong membuat kejutan dalam pemanggilan pemain untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia yang dimulai pada 7 Agustus 2020. Mayoritas pemain yang dipanggil adalah wajah-wajah baru yang minim pengalaman.

Keputusan yang diambil Shin Tae-yong sempat menimbulkan tanda tanya sejumlah pihak. Namun, PSSI menjamin sebanyak 29 pemain yang dipanggil untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia adalah murni pilihan pelatih asal Korea Selatan tersebut.

"Semua pemain ditentukan oleh Shin Tae-yong. Kami menyerahkan seluruhnya kepada dia. Tidak ada titip menitip. Bahkan, saya saja tidak bisa ikut campur," kata Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan.

Shin Tae-yong tentu punya alasan khusus dalam pemilihan nama-nama tersebut. Apalagi Shin Tae-yong adalah pelatih dengan pengalaman tampil di Piala Dunia dan dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam pemilihan pemain.

Namun, ada juga pemain dengan sarat pengalaman dan merupakan wajah lama dalam daftar tersebut. Pemain-pemain yang disebut sarat pengalaman adalah sosok yang sudah memiliki banyak caps bersama Timnas Indonesia.

Pemanggilan ini tentu saja menjadi tantangan buat para pemain berpengalaman tersebut. Sebagai sosok yang sudah memiliki jam terbang tinggi di Timnas Indonesia, mereka harus mampu mengeluarkan penampilan yang melebihi pendatang baru.

Bola.com mencatat ada lima pemain sarat pengalaman yang dapat kesempatan dari Shin Tae-yong dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia. Berikut ini lima pemain yang kemampuan dan kualitasnya sudah tak perlu diragukan lagi di Timnas Indonesia.

2 dari 7 halaman

Zulfiandi

Zulfiandi mengawali debutnya di Timnas Indonesia pada 2018. Sampai saat ini, Zulfiandi sudah mengemas 10 penampilan dan sukses mencetak 1 gol untuk Timnas Garuda.

Zulfiandi merupakan gelandang kreatif yang dimiliki Indonesia. Pemain asal Aceh itu memiliki peran sebagai deep-lying midfielder yaitu menjadi motor serangan atau jembatan antara lini belakang dan lini depan.

Zulfiandi memiliki permainan lugas dan kemampuan skil individu yang mumpuni. Itulah yang membuat Zulfiandi selalu menjadi langganan di Timnas Indonesia.

Faktor itulah yang diyakini membuat Zulfiandi diberi kesempatan untuk unjuk gigi pada pemusatan latihan Timnas Indonesia bersama Shin Tae-yong. Menarik untuk menyaksikan kiprah gelandang Madura United itu.

3 dari 7 halaman

Febri Haryadi

Febri Haryadi memulai debut di Timnas Indonesia pada 2017. Sejauh ini, pemain berusia 24 tahun itu sudah mengemas 15 penampilan untuk Timnas Merah Putih.

Febri Haryadi kembali mendapatkan kepercayaan dari pelatih Shin Tae-yong untuk mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia. Febri Hariyadi merupakan gelandang sayap yang komplet.

Febri juga dikenal memiliki kelincahan dan berani melakukan duel dengan lawan. Pemain berusia 24 tahun itu juga sering menjadi motor serangan dan poros kekuatan Timnas Indonesia.

Selain itu, Febri dikenal memiliki umpan-umpan matang yang memanjakan para penyerang Timnas Indonesia. Tak jarang, Febri Hariyadi berani mengeksekusi bola yang dimilikinya menjadi gol.

4 dari 7 halaman

Evan Dimas

Evan Dimas sudah mengemas 24 pertandingan dan empat gol sejak memulai debut di Timnas Indonesia pada 2014. Jumlah tersebut tentu saja cukup banyak untuk pemain berusia 25 tahun.

Tak bisa dimungkiri Evan Dimas adalah gelandang serang lokal dengan kemampuan memukau. Kepiawaian Evan di lini tengah selalu menjadi motor serangan buat Timnas Indonesia.

Meskipun berperan sebagai gelandang, namun Evan juga bisa diandalkan dalam urusan mencetak gol. Hal itu selalu dilakukan Evan ketika penyerang kesulitan membobol gawang lawan.

Kemampuan ganda inilah yang diyakini menjadi alasan Shin Tae-yong memanggil Evan Dimas. Apalagi sang pemain juga dikenal memiliki kecepatan sehingga cocok dengan skema permainan agresif yang jadi ciri khas Shin Tae-yong.

5 dari 7 halaman

Fachrudin Aryanto

Fachrudin Aryanto sudah menjadi langganan di Timnas Indonesia. Sejak debut pada 2012, pemain berusia 31 tahun sudah mengemas 35 penampilan dan sukses mencetak tiga gol.

Fachrudin Aryanto merupakan bek berkarakter keras dan berani melakukan duel fisik untuk menjaga daerah pertahanannya. Memiliki postur 180 cm membuat Fachruddin disegani lawan dalam menghalau bola-bola udara.

Dengan pengalaman dan kualitas yang dimilikinya, tak aneh bila pelatih Shin Tae-yong memanggilnya ke pemusatan latihan Timnas Indonesia. Apalagi lini belakang menjadi masalah utama yang dimiliki Timnas Indonesia saat ini.

Mengacu pada lima kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Timnas Garuda sudah kebobolan 16 gol. Menarik untuk menantikan penampilan Fachrudin Aryanto di bawah asuhan Shin Tae-yong.

6 dari 7 halaman

Irfan Bachdim

Irfan Bachdim menjadi pemain paling berpengalaman pada pemusatan latihan Timnas Indonesia di bawah asuhan Shin Tae-yong. Pemain berusia 31 tahun itu sudah mengantongi 39 caps bersama Timnas Indonesia sejak debut pada 2010.

Irfan Bachdim juga mampu mencetak 12 gol untuk Timnas Indonesia. Jadi, keputusan pemanggilan Bachdim ke pemusatan latihan Timnas Indonesia tentunya bukan tanpa alasan.

Selain sarat pengalaman, Bachdim merupakan pemain serba bisa yang mampu bermain multi posisi. Bachdim memiliki posisi khas yakni seorang sayap kanan.

Di posisi tersebut, Bachdim tampak gemilang saat bermain dan mampu mencetak gol dan assist. Bachdim juga bisa diandalkan sebagai penyerang bayangan alias second striker, posisi sayap kiri, dan penyerang tengah.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer