Sukses


Rancangan Regulasi Lanjutan Shopee Liga 1 2020: Wajib Melepas Pemain ke Timnas Indonesia Hingga Pergantian 5 Pemain

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) bersama PSSI sedang menggodok sejumlah regulasi baru yang akan diterapkan dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020. Rancangan regulasi itu mengatur jalannya kompetisi hingga penerapan protokol kesehatan.

Sebanyak tujuh regulasi baru sedang dalam proses pembahasan antara PT LIB dan PSSI. Keduanya berburu dengan waktu untuk segera mengesahkan aturan-aturan baru tersebut, mengingat Shopee Liga 1 2020 akan digelar pada 1 Oktober 2020.

Dalam regulasi tersebut ada yang membahas penghapusan sistem degradasi untuk Liga 1 pada akhir musim. Artinya, ke-18 klub peserta dipastikan kembali tampil di kasta tertinggi pada musim depan, dengan menghiraukan pencapaian musim ini.

Kemudian akan ada penambahan kuota pergantian pemain pada masa pandemi COVID-19. Setiap klub diperbolehkan melakukan pergantian pemain sebanyak lima kali dalam setiap pertandingan.

Selain itu, ada juga regulasi yang mewajibkan setiap klub untuk memasukkan minimal dua pemain U-20 dalam daftar susunan pemain. Langkah ini dilakukan untuk memberikan kesempatan dan pengalaman kepada pemain muda yang disiapkan tampil di Piala Dunia U-20 2021.

PT LIB dan PSSI juga mewajibkan seluruh klub peserta Shopee Liga 1 2020 untuk melepas pemain yang mendapatkan pemanggilan ke Timnas Indonesia. Seperti diketahui, jadwal kompetisi akan berbarengan dengan agenda Timnas Garuda yang tersisa pada kalender 2020.

2 dari 3 halaman

Rancangan Regulasi

1. Penghapusan degradasi Shopee Liga 1 2020 pada akhir musim.

2. Penambahan pergantian pemain menjadi 5 pemain (sesuai amandemen laws of the game 2019/2020).

3. Periode Pendaftaran Pemain Tahap 2 tetap dibuka, namun tidak boleh melakukan Transfer pemain antarklub Liga 1. Pendaftaran masih diperbolehkan sepanjangpemain dari luar klub Liga 1.

4. Kewajiban memasukkan minimal 2 Pemain U20 dalam 18nama di Daftar Susunan Pemain.

5. Penerapan protokol Kesehatan.

6. Penyesuaian Standar kelayakan venue pertandingan.

7. Klub wajib melepas pemain yang mendapat panggilan timnas.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Lebih Dekat dengan Sandy Walsh (Part 2), Beragam Alasan untuk Bisa Bela Timnas Indonesia

Video Populer

Foto Populer