Sukses


Shin Tae-yong Cari Pemain Keturunan untuk Timnas Indonesia U-19, Bukan dari Brasil

Bola.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, membenarkan pihaknya tengah mencari pemain untuk dinaturalisasi demi kepentingan skuad Garuda Muda. Arsitek asal Korea Selatan itu menyasar pemain muda yang memiliki keturunan Indonesia.

"Memang, saya sedang mencari pemain naturalisasi yang berdarah Indonesia untuk Timnas Indonesia U-19," kata Shin Tae-yong di Stadion Madya, Jakarta, Kamis (20/8/2020).

"Jadi, niatan ini untuk perkembangan sepak bola Indonesia. Memang perlu dan dibutuhkan pemain naturalisasi untuk Timnas Indonesia U-19," imbuh pelatih berusia 49 tahun tersebut.

Untuk pemain tanpa darah Indonesia, Shin Tae-yong mengaku tidak tertarik. Sebelumnya, beredar kabar PSSI akan menaturalisasi lima pemain belia Brasil untuk Timnas Indonesia U-19, yang belakangan disanggah.

"Untuk pemain yang tidak berdarah Indonesia, saya tidak pernah berpikir sama sekali untuk menaturalisasinya," jelas Shin Tae-yong.

Video

2 dari 2 halaman

PSSI Bantah Naturalisasi Pemain Brasil

PSSI melalui Indra Sjafri selaku direktur teknik membantah akan menaturalisasi lima pemain belia asal Brasil. Padahal, organisasi yang dipimpin oleh Mochamad Iriawan itu telah terbukti bakal memakai "Cara-cara Luar Biasa" untuk sukses di Piala Dunia U-20 2021.

Dalam webinar dengan IDN Times yang berjudul "Ngobrol Seru Indonesia Menyambut Piala Dunia U-20 2021 dan Restart Liga 1", PSSI memaparkan apa yang dimaksud dengan "Cara-cara Luar Biasa".

"Kami akan melakukan 'cara-cara luar biasa' untuk meraih sukses prestasi pada Piala Dunia U-20 2021," tulis PSSI dalam presentasi webinar yang juga dihadiri oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali.

"Termasuk dimungkinkan melakukan nasionalisasi atau naturalisasi pemain pada usia emas sebagai pesepak bola," lanjut dari paparan tersebut.

Masih dalam presentasi tersebut, PSSI menampilkan tiga pemain sebagai contoh untuk dinaturalisasi. Ketiganya adalah Leozao, Pedro, dan Maike Henrique. Dari nama-nama tersebut, ketiganya diduga berasal dari Brasil.

Video Populer

Foto Populer