Sukses


Liga 1: Persita Gelar Swab Test, Seluruh Pemain Bebas COVID-19

Bola.com, Tangerang - Persita Tangerang menjalani tes kesehatan yang mengharuskan seluruh pemain, pelatih, dan ofisial tim melakukan swab test pada Senin (7/9/2020). Kegiatan ini sebagai tindak lanjut tes kesehatan tahap awal yang digelar Persita pada 24 Agustus lalu, di mana personel tim menjalani rapid test.

Kali ini swab test digelar di Stadion Sport Centre, Kelapa Dua, Tangerang, dengan pengawasan langsung tim medis Persita Tangerang yang dipimpin dokter tim, Agung Santosa. Swab test ini menjadi bagian dari rangkaian prosedur kesehatan yang memang telah direncanakan manajemen sejak tim berkumpul pada akhir Agustus lalu.

"Pelaksanaan swab test berjalan lancar dan diikuti seluruh pemain, ofisial, dan manajemen. Tes dilakukan siang hingga sore hari sebelum tim berlatih rutin dan hasilnya diketahui dalam waktu 1x24 jam," ujar dokter Agung Santosa.

"Alhamdulillah capaian atas kedisiplinan bersama, hasil PCR test seluruhnya negatif COVID-19," lanjut dokter tim Persita Tangerang itu.

Pemeriksaan swab test PCR ini dilakukan dengan tingkat akurasi mencapai 98 persen yang bertujuan melindungi dan menjaga pemain serta ofisial tim Persita Tangerang. namun, tentu prosedur kesehatan tidak berhenti di sini saja, meski hasilnya baik secara keseluruhan.

"Namun, tentu tidak sampai di sini saja. Kami harus tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan setiap hari karena pemeriksaan berkala terus dilakukan," ungkap Agung.

Video

2 dari 2 halaman

Kondisi Seluruh Skuat Baik

Hingga kini, Agung mengungkap bahwa kondisi seluruh pemain, pelatih dan ofisial Persita Tangerang sangat baik. Kondisi kesehatan ini pun terus dipantau tim medis melalui pemeriksaan harian rutin.

“Dari tim medis sendiri sudah mempersiapkan pedoman kesehatan sendiri, yakni Persita Medical Prevention Program, Pedoman Penanganan COVID-19 Tim Persita, dan Pedoman Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) untuk seluruh personel Persita. Selain itu, komunikasi dan pengetahuan jadi kuncinya. Kami selalu sampaikan ke semua pemain agar lebih disiplin dalam menjaga kesehatan di era pandemi ini,” ujar Agung.

Sementara itu, Manajer Tim Persita, I Nyoman Suryanthara menyebut bahwa rangkaian tes kesehatan ini jadi bagian dari rencana dan program tim pada masa persiapan jelang kompetisi kembali bergulir.

“Alhamdulillah hasilnya baik dan semoga semua anggota tim bisa disiplin menjaga diri dan menjaga lingkungan karena mereka berinteraksi intens setiap hari antarpemain, pelatih dan ofisial. Hasil tes kesehatan yang baik dari dua kali proses tes semoga membuat tim semangat untuk mempersiapkan yang terbaik nanti,” ujar Nyoman.

Ke depan, serangkaian prosedur kesehatan juga tetap akan dilaksanakan tim dalam banyak aktivitas hingga kompetisi dijadwalkan selesai pada Februari 2021.

“Semua akan dipantau langsung oleh dokter tim. Saya harapkan semua personel tim juga tidak lengah dan tetap memprioritaskan protokol kesehatan agar semua aman dan nyaman,” tutup Nyoman.

Sumber: Persita

Video Populer

Foto Populer