Sukses


Parade Fakta Menarik Setelah Timnas Indonesia U-19 Imbangi Qatar: Saddam Gaffar Gacor!

Bola.com, Zagreb - Timnas Indonesia U-19 nyaris memetik hasil positif keduanya pada rangkaian pertandingan uji coba di Kroasia. Namun, gol penalti pada pengujung pertandingan membuyarkan kemenangan di depan mata tim berjulukan Garuda Muda itu.

Kembali menghadapi Qatar U-19 pada latih tanding di Velika Gorica Stadium, Zagreb, Minggu (20/9/2020), Timnas Indonesia U-19 gagal mengulangi pencapaian pada uji coba pertama. Pasalnya, tim berjulukan Garuda Muda itu bermain imbang 1-1.

Pada pertemuan sebelumnya, 17 September 2020, Timnas Indonesia U-19 mampu mengalahkan Qatar U-19 2-1 setelah sempat kebobolan lebih dulu.

Di laga ini, Timnas Indonesia U-19 memulai pertandingan dengan sabar. Alhasil, kendali permainan diambil alih oleh Qatar U-19.

Justru, Timnas Indonesia U-19 yang berhasil unggul lebih dulu. Lemparan ke dalam Pratama Arhan hingga bibir gawang Qatar U-19 mampu ditanduk Saddam Gaffar pada menit ke-61.

Perlu diingat, Saddam Gaffar menyundul bola dengan posisi membelakangi gawang Qatar U-19. Bola sempat membentur mistar gawang sebelum memantul dan masuk ke gawang.

Timnas Indonesia U-19 sedikit lengah di pengujung pertandingan. Rizky Ridho yang bermaksud merebut bola dari pemain Qatar U-19 dengan tekelnya, justru membuat pelanggaran di kotak penalti.

Tanpa ampun, wasit menunjuk titik putih untuk Qatar U-19. Sepakan 12 pas dari Osamah A. Altairi pada menit ke-90 sesungguhnya mampu ditebak oleh kiper Adi Satryo, namun bola terlanjur mengalir deras dan menghujam gawang Timnas Indonesia U-19.

Ada banyak fakta menarik yang mengiringi pertandingan Timnas Indonesia U-19 kontra Qatar U-19 yang berakhir imbang 1-1. Berikut empat di antaranya:

2 dari 6 halaman

Debut Beckham Putra sebagai Starter

Akhirnya, pelatih Shin Tae-yong memberikan kesempatan bagi Beckham Putra Nugraha untuk mengeyam bermain sebagai starter di Timnas Indonesia U-19. Gelandang asal Persib Bandung itu tampil dari menit pertama melawan Qatar U-19.

Beckham berduet dengan Brylian Aldama di lini tengah Timnas Indonesia U-19 dalam formasi 4-4-2. Namun, eksistensi Beckham hanya bertahan setengah babak.

Pada jeda turun minum, Shin Tae-yong menggantikannya dengan David Maulana. Sebagai gelandang serang, sepertinya pakem 4-4-2 tidak cocok untuk pemain berusia 18 tahun ini.

3 dari 6 halaman

David Maulana Dicadangkan

Untuk pertama kalinya dalam uji coba Timnas Indonesia U-19 di Kroasia, Shin Tae-yong mencadangkan David Maulana. Pada empat partai sebelumnya, alumnus Garuda Select itu selalu menjadi pemain utama.

Tempat David Maulana di lini tengah diberikan kepada Beckham Putra. Namun, tidak butuh waktu lama bagi pemain berusia 18 tahun itu merebut kembali posisinya.

Pada 45 menit kedua, David Maulana dimainkan oleh Shin Tae-yong untuk mengisis posisi Beckham Putra yang ditarik keluar.

4 dari 6 halaman

Hasil Seri Kedua

Hasil 1-1 menghadapi Qatar U-19 menjadi skor imbang kedua bagi Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Sebelumnya, tim berjulukan Garuda Muda ini juga bermain seri 3-3 melawan Arab Saudi U-19.

Total, Timnas Indonesia U-19 telah melahap lima partai latih tanding di Kroasia. Hasilnya, Garuda Muda mencatatkan satu kemenangan, dua imbang, dan tiga kali kalah. Rinciannya meliputi kalah 0-3 dari Bulgaria U-19, 1-7 dari Kroasia U-19, imbang 3-3 melawan Arab Saudi U-19, menang 2-1 atas Qatar U-19, dan seri 1-1 menghadapi Qatar U-19.

Timnas Indonesia U-19 masih akan melakoni dua partai uji coba tersisa di Kroasia sebelum melanjutkan petualangannya ke Turki. Garuda Muda bakal berjumpa Bosnia dan Herzegovina U-19 pada 25 September 2020 dan Dinamo Zagreb U-19 tiga hari berselang.

5 dari 6 halaman

Saddam Gaffar Jadi Top Scorer Timnas Indonesia U-19

Dalam lima partai uji coba, Timnas Indonesia U-19 mampu mengukir enam gol. Siapa pemain tersubur Garuda Muda? Jawabannya adalah Saddam Gaffar.

Selain mencetak gol semata wayang Timnas Indonesia U-19 pada laga kontra Qatar U-19, penyerang asal PSS Sleman ini juga menorehkan satu gol ketika Garuda Muda diimbangi Arab Saudi 3-3.

Empat gol Timnas Indonesia U-19 lainnya selama beruji coba di Kroasia dibukukan oleh Irfan Jauhari, Braif Fatari, Brylian Aldama, dan Mochammad Supriadi.

6 dari 6 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer