Sukses


3 Sisi Positif saat Timnas Indonesia U-19 Ditahan Qatar

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 hampir saja memenangi pertandingan uji coba untuk kali kedua melawan Qatar U-19. Akan tetapi, duel itu berakhir imbang 1-1 di Stadion Velika Gorica, Zagreb, Kroasia, Minggu (20/9/2020) malam WIB.

Timnas Indonesia U-19 unggul lebih dahulu pada menit ke-61 melalui gol Saddam Gaffar memanfaatkan lemparan jauh dari Pratama Arhan. Namun, kemenangan yang sudah di depan mata harus buyar pada menit akhir.

Timnas Qatar U-19 menyamakan kedudukan pada menit ke-90 melalui eksekusi penalti Osamah Abdulkarim Altairi. Tim lawan mendapatkan hadiah sepakan 12 pas, setelah kapten sekaligus bek Timnas Indonesia U-19, Rizky Ridho, melanggar Mohammed Ali di kotak terlarang.

Hasil tersebut membuat Indonesia gagal mengulangi torehan kemenangan pada laga pertama. Sebelumnya, skuad arahan Shin Tae-yong itu sukses mengalahkan Qatar U-19 dengan skor 2-1, Kamis (17/9).

Pelatih Shin Tae-yong menyayangkan Indonesia harus kebobolan pada menit akhir dalam laga kedua kontra Qatar. Padahal, sudah muncul beberapa peningkatan positif yang ditunjukkan oleh para pemainnya.

Meski gagal menang, Timnas Indonesia U-19 tetap mampu menunjukkan perkembangan positif saat melakoni laga kelima partai uji coba di Kroasia. Berikut ini adalah ulasan dari Bola.com terkait performa Tim Garuda Muda ketika bersua Qatar.

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 4 halaman

Suplai Bola

Daftar susunan pemain Timnas Indonesia U-19 dalam pertandingan ini cukup mengejutkan, karena Shin Tae-yong mencadangkan David Maulana. Gelandang muda itu cukup menjadi andalan di lini tengah dengan umpan-umpan terukur yang dimilikinya.

Sebagai pengganti, Shin Tae-yong memasang Beckham Putra sebagai starter menggantikan tugas David Maulana. Hasilnya cukup apik. Pemain milik Persib Bandung itu mampu mengirim suplai bola ke lini depan.

Sayangnya, penyerang duo Braif Fatari dan Saddam Gaffar kerap gagal memanfaatkannya. Beckham lantas ditarik keluar pada babak kedua diganti dengan David.

Suplai bola jadi tak selancar sebelumnya dari lini tengah. Permainan juga lebih alot, meski beberapa kali merepotkan barisan belakang Qatar.

 

3 dari 4 halaman

Lebih Tenang

Tempo permainan Timnas Indonesia U-19 seperti beberapa laga sebelumnya terbilang sedang. Para pemain tidak terburu-buru atau gegabah saat akan membangun serangan. Mereka lebih memilih menunggu saat lawan menguasai permainan.

Selain itu, situasi lapangan berubah seiring gol yang dicetak oleh Saddam Gaffar. Para pemain Qatar U-19 bermain lebih emosional dengan melakukan sejumlah pelanggaran. Beruntung, Rizky Ridho dkk. tidak terpancing dengan hal itu.

Ketenangan yang dimiliki oleh pemain patut diapresiasi. Jantung pertahanan yang dihuni oleh Rizky Ridho dan Komang Teguh mampu menghalau upaya serangan lawan. Demikian halnya penjaga gawang Adi Satrya yang tampil ciamik di bawah mistar.

4 dari 4 halaman

Peningkatan Fisik

Kekuatan fisik para pemain Timnas Indonesia U-19 semakin meningkat dalam pertandingan ini. Saat memasuki pertengahan babak kedua, beberapa pemain terlihat terengah-engah mulai kehabisan tenaga.

Namun, mereka tetap berusaha melewati batas kemampuan fisik dengan terus konsentrasi dalam pertandingan. Pelatih Shin Tae-yong juga menyoroti bahwa kondisi fisik merupakan aspek positif yang telah semakin membaik.

Video Populer

Foto Populer