Sukses


Shin Tae-yong Menerapkan Aturan Ketat soal Makanan Pemain Timnas Indonesia U-19

Bola.com, Medimurje - Pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong, menerapkan pola makan yang ketat untuk para pemain selama pemusatan latihan di Kroasia. Menurut pelatih fisik Lee Jae-hong, hal itu dilakukan agar para pemain mendapatkan asupan makanan yang bergizi dan berenergi.

Timnas Indonesia U-19 melakukan sesi latihan berat selama pemusatan latihan di Kroasia. Para pemain mendapatkan materi berupa latihan fisik dan taktik.

Selain itu, jadwal Timnas Indonesia U-19 di Kroasia sangat padat. Sejauh ini, Witan Sulaeman sudah menggelar lima laga uji coba dalam tiga pekan terakhir.

Padatnya jadwal latihan dan pertandingan tentu saja menuntut kondisi fisik yang baik. Hal itu yang membuat jajaran tim pelatih menjaga betul pola makan para pemain selama di Kroasia.

"Pola makan harus dijaga agar pemain terus dalam kondisi bugar dan fit. Dengan menu latihan yang bervariasi, pemain harus tahu apa saja yang harus dimakan dengan pengawasan kami. Seperti asupan karbohidrat, protein, sayuran dan lain-lain," kata Lee Jae-hong seperti dikutip situs resmi PSSI, Rabu (23/9/2020).

Lee Jae-hong mengaku Timnas Indonesia U-19 memiliki menu makanan wajib yang dikonsumsi setiap hari. Pihaknya juga mengatur porsi makanan agar sesuai dengan gizi yang dibutuhkan.

"Untuk makanan, menu wajib yakni sayur, daging, ikan, salad, buah, susu, serta roti. Semua saya cek termasuk saat pemain mengambil takaran porsi makanan," ujar pria yang juga melatih fisik pemain tim Korea Selatan di Piala Dunia 2018.

2 dari 3 halaman

Dilarang Konsumsi Gorengan

Sejauh ini aturan ketat soal makanan tidak mendapatkan kendala dari para pemain Timnas Indonesia U-19. Termasuk adanya larangan makanan yang digoreng dan pedas.

Lee Jae-hong juga sering melakukan pemeriksaan berat badan para pemain. Langkah itu dilakukan agar para pemain tetap berada dalam berat badan yang ideal.

"Kami tidak membolehkan menu makanan yang banyak digoreng dan pedas tentunya. Pemain harus banyak minum air putih dan buah. Selain itu, pemain juga dicek berat badan setiap harinya dan check in body test seperti massa otot, lemak dan lain-lain," tegas Lee Jae-hong.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer