Sukses


4 Klub dengan Jumlah Legiun Asing Paling Banyak di Shopee Liga 1: Persib Jagoan Impor Pemain

Bola.com, Jakarta - PT Liga Indonesia Baru (LIB) memutuskan untuk melanjutkan Shopee Liga 1 2020. Namun, keputusan tersebut menimbulkan masalah baru di klub yang ditinggalkan pemain asing.

Migrasi legiun asing dari Shopee Liga 1 2020 terjadi karena proses renegosiasi kontrak yang tak mencapai kata sepakat. Pasalnya, klub-klub di Indonesia mengalami krisis finansial akibat pandemi COVID-19.

PSSI mempersilakan klub-klub Liga 1 untuk melakukan negosiasi ulang dengan pemain asing. Adanya pemotongan gaji membuat beberapa pemain asing memilih mundur ketimbang melanjutkan kompetisi dengan setengah hati.

Sampai Rabu (23/9/2020), terdapat 11 pemain asing yang memutuskan untuk mundur dari Liga 1. Jumlah tersebut berpeluang bertambah karena ada beberapa legiun asing yang belum bergabung dengan klubnya.

Padahal, Shopee Liga 1 2020 bakal digelar dalam kurun waktu kurang dari dua pekan. Hal itu tentu saja membuat tanda tanya besar akan nasib para pemain asing di Indonesia.

Meski demikian, Bola.com mencatat masih ada klub yang dihuni banyak pemain asing. Mereka berhasil meyakinkan para pemain asingnya untuk melanjutkan karier di Liga 1.

Indikator pemain asing yang dimaksud di sini adalah sosok murni pemain luar negeri plus pemain naturalisasi. Lantas, siapa saja klub dengan jumlah pemain asing terbanyak di Shopee Liga 1 2020? Berikut ini adalah perinciannya. 

2 dari 6 halaman

PSM Makassar

PSM Makassar mendaftarkan enam pemain asing pada awal Shopee Liga 1 2020. Jumlah tersebut terdiri dari empat nama pemain luar negeri dan dua pemain naturalisasi.

Keempat nama yang memenuhi slot pemain asing adalah Hussein El Dor (Lebanon), Giancarlo Rodrigues (Brasil), Serif Hasic (Bosnia dan Herzegovina), dan Wiljan Pluim (Belanda). Adapun dua pemain naturalisasi adalah Ezra Walian dan Osas Saha.

Namun, sampai saat ini belum ada kepastian terkait para pemain asing PSM. Hal itu terjadi karena sampai saat ini para pemain asing PSM belum datang ke latihan klub.

3 dari 6 halaman

Borneo FC

Borneo FC memiliki enam pemain asing untuk mengarungi Shopee Liga 1 2020. Jumlah tersebut terdiri dari empat pemain asing dan dua pemain naturalisasi.

Para legiun asing yang dimiliki Borneo FC antara lain Francisco Torres dan Diogo Campos dari Brasil, Javlon Guseynov (Uzbekistan), dan Nuriddin Davronov (Tajikistan). Adapun dua pemain naturalisasinya adalah Diego Michiels dan Guy Junior.

Borneo FC memastikan keenam pemain tersebut tetap akan bermain pada lanjutan Shopee Liga 1 2020. Menarik untuk menantikan kiprah para pemain asing di klub berjulukan Pesut Etam itu.

4 dari 6 halaman

Bali United

Bali United memiliki enam pemain asing pada Shopee Liga 1 2020. Jumlah itu terdiri dari empat pemain asing dan dua pemain naturalisasi.

Pemain asing yang membela Bali United musim ini adalah Brwa Nouri (Irak), Paulo Sergio (Portugal), Willian Pacheco (Brasil), dan Melvin Platje (Belanda). Adapun dua pemain naturalisasi yang membela Bali United adalah Ilija Spasojevic dan Stefano Lilipaly.

Seluruh nama di atas sepakat untuk melanjutkan karier di Bali United. Artinya, klub asuhan Stefano Cugurra Teco itu bakal menjadi pesaing yang berat dalam perburuan gelar.

5 dari 6 halaman

Persib Bandung

Persib Bandung menjadi klub yang paling banyak diperkuat pemain asing pada Shopee Liga 1 2020. Klub asal Jawa Barat memiliki empat pemain asing dan tiga pemain naturalisasi.

Pemain asing yang membela Persib musim ini adalah Nick Kuipers dan Geoffrey Castillion dari Belanda, Wander Luiz (Brasil), dan Omid Nazari (Filipina). Adapun ketiga pemain naturalisasi Persib adalah Esteban Vizcarra, Kim Kurniawan, dan Victor Igbonefo.

Semua pemain asing tersebut dipastikan tetap membela Persib Bandung. Situasi itu membuat Persib berpeluang menjadi klub favorit dalam perburuan gelar Liga 1 2020.

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer