Sukses


Shopee Liga 1: Vonis Kalah jika Suporter Datang, Persebaya Minta Bonek Tidak ke Stadion

Bola.com, Surabaya - PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) membuat aturan baru dalam lanjutan Shopee Liga 1 2020 yang digelar dalam kondisi pandemi COVID-19 belum berakhir. Semua pertandingan dipastikan tanpa penonton. Bahkan, telah disepakati pula hukuman jika ada suporter yang nekat datang ke stadion.

Jika suporter datang langsung ke stadion di mana laga Shopee Liga 1 2020 digelar, maka klub yang bertanding akan langsung dinyatakan kalah. Hukuman itu dirasa bakal membuat suporter benar-benar tidak datang dan menaati protokol kesehatan. Mereka juga diminta menonton pertandingan tim kesayangannya melalui layar kaca di Indosiar, O Channel, dan live streaming di Vidio.

Pelatih Persebaya Surabaya, Aji Santoso, merespons kabar ini. Dia sepakat dengan regulasi yang dibuat PSSI dalam pertemuan para manajer klub di Bandung, Senin (21/9/2020). Dia pun mengirim pesan kepada Bonek, suporter Persebaya, untuk memahami regulasi ini.

“Tidak hanya Bonek, tentunya semua suporter harus mematuhi aturan ini. Kalau ada suporter berkumpul datang, buat saya bagus saja kalau itu menjadi kekalahan buat timnya. PSSI melihat kepentingan yang lebih besar,” ucap Aji Santoso.

Kekhawatiran datangnya Bonek di area stadion cukup beralasan. Selama ini Persebaya kerap menggelar pertandingan tanpa penonton, baik karena hukuman atau faktor teknis. Buktinya, Bonek juga tetap memaksa hadir, meski hanya berada di luar stadion.

“Seumpama aturan ini sudah final dari federasi, bagaimana ini berjalan dengan lancar dan COVID-19 ini tidak akan menular dan menyebar. Menurut saya, pemikiran hukuman ini sangat bagus, karena kompetisi digelar dalam kondisi tidak normal,” imbuh pelatih Persebaya Surabaya itu.

Video

2 dari 2 halaman

Terus Memberikan Edukasi

Peraturan ini sebenarnya menimbulkan tanda tanya. Sebab, ada kemungkinan oknum suporter datang dan menyamar sebagai suporter klub lain agar membuat tim lawan kalah.

Namun, belum ada kejelasan jika suatu pertandingan didatangi oleh suporter dari kedua tim. Jika didasarkan pada regulasi, maka apakah seharusnya kedua tim dinyatakan kalah?

Manajer Persebaya Surabaya, Candra Wahyudi, akan memberikan edukasi kepada Bonek. Manajemen Persebaya Surabaya sudah beberapa musim terakhir memiliki divisi relasi penggemar yang bertindak dalam seksi ini.

“Kami mengusulkan harus ada regulasi yang tegas, harus ada hukuman yang tegas kalau masih ada penonton yang datang. Saat ini kami di Persebaya sudah mengedukasi mereka (Bonek), menyampaikan status kompetisi tanpa penonton,” ucap Candra.

Video Populer

Foto Populer