Sukses


Shopee Liga 1: Kekalahan dari Madura United Jadi Modal Bagus Persela Lawan Persik

Bola.com, Lamongan - Persela Lamongan gagal memetik kemenangan saat melakoni uji coba melawan Madura United. Tim tuan rumah dipaksa takluk 1-2 dari tamnya di Stadion Surajaya, Lamongan, Kamis sore (24/9/2020).

Tim tamu unggul terlebih dahulu berkat gol gelandang muda Syahrian Abimanyu pada menit ke-13. Persela sempat membalas lewat Adi Setiawan pada menit ke-73. Stoper Jaimerson Xavier lantas memastikan kemenangan Madura United lewat tendangan bebas di menit ke-83.

Pelatih Persela, Nilmaizar, berusaha memetik pelajaran penting dari kekalahan ini. Dia kini mulai memfokuskan diri untuk laga perdana lanjutan Shopee Liga 1 2020 dengan menjamu Persik Kediri di tempat yang sama, Sabtu (3/10/2020).

“Kami mendapat uji coba yang bagus. Secara umum, mulai kelihatan gerakan tim dan nama-nama untuk starting eleven melawan Persik. Kami akan maksimalkan sepekan ini untuk hadapi Persik. Uji coba ini sangat berguna secara taktikal dan menjalankannya di dua babak. Sisanya, kami tinggal mematangkan saja,” ucap Nilmaizar.

Pelatih berusia 50 tahun itu memutuskan tidak memainkan gelandang asal Brasil, Marquinhos Carioca. Dia saat ini sedang sakit dan harus beristirahat selama tiga hari agar cepat pulih dan kembali ke lapangan.

“Saya tidak akan memaksakan Marquinhos. Lebih baik kami simpan dia supaya kondisinya fit saat melawan Persik Kediri nanti. Kami mencoba pemain dengan skema yang sudah disiapkan untuk pertandingan ini," katanya lagi.

Hasil ini menjadi kekalahan pertama bagi Persela selama melakoni uji coba jelang bergulirnya lagi Liga 1 2020. Sebelumnya, mereka selalu berhasil menang melawan tim lokal, di antaranya adalah PSHW Babat, Brondong All Star, dan Bintang Timur.

 

Video

2 dari 2 halaman

Jajal Skema Alternatif

Menariknya, Persela juga menjajal skema false nine alias tanpa striker. Padahal, tim Laskar Joko Tingkir memilih Gabriel do Carmo yang berstatus sebagai striker asing. Namun, pemain asal Brasil itu tak bisa tampil kontra Persik karena mendapat akumulasi kartu.

Persela sebenarnya masih memiliki Diego Banowo di posisi striker. Akan tetapi, Nilmaizar membuka berbagai kemungkinan skema dalam melakoni laga perdana lanjutan kompetisi kasta teratas itu.

“Ini sebenarnya jadi PR (pekerjaan rumah) kami, karena tidak bisa pakai Carmo yang ada akumulasi kartu. Nanti sebenarnya ada Diego. Kami sudah coba itu. False nine juga bisa dicoba, dengan Marquinhos bermain di sana (depan),” ucap Nilmaizar.

Video Populer

Foto Populer