Sukses


Shopee Liga 1: Belum Punya Markas, Persebaya Bicara Berkandang di Yogyakarta

Bola.com, Surabaya - Persebaya menjadi satu-satunya klub yang belum memastikan kandang untuk lanjutan Shopee Liga 1 2020. Mereka tidak bisa menggunakan dua stadion di Surabaya karena direnovasi. Izin untuk berkandang di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo, juga ditolak.

Manajemen Persebaya masih berusaha untuk bermarkas di sekitar Jawa Timur agar dekat dengan mes pemain. Manajer Persebaya, Candra Wahyudi, sedang mengupayakan timnya tidak jauh dari Surabaya saat melakoni partai kandang.

Namun, pihaknya tetap membuka peluang berkandang di Yogyakarta jika tidak mendapat izin di Jawa Timur.

"Ya dilihat saja nanti. Kami akan mengikuti apapun keputusannya (PT LIB selaku operator liga). Yang jelas, kami minta waktu dulu untuk berusaha (mencari home base) semaksimal mungkin," ungkap pria asli Bojonegoro tersebut.

Opsi berkandang di Yogyakarta cukup memungkinkan karena LIB menyarankan beberapa klub Jawa untuk menggunakan stadion di provinsi tersebut. Terdapat tujuh klub yang memilih Provinsi Daerah Yogyakarta.

Stadion Sultan Agung menjadi kandang bagia tiga klub sekaligus, yaitu Bali United, Persija Jakarta, dan PSM Makassar. Sedangkan Stadion Maguwoharjo, Sleman, malah bakal dihuni oleh empat tim. Selain PSS Sleman, terdapat pula Barito Putera, Borneo FC, dan Persiraja Banda Aceh.

 

Video

2 dari 2 halaman

Yogyakarta Tidak Ideal

Nah, Persebaya sampai sekarang ingin tetap bermarkas di dekat Surabaya agar jarak tempuh untuk melakoni partai kandang tidak terlalu jauh. Candra merasa tidak ideal buat timnya berkandang di Yogyakarta.

"Pasti sangat merugikan. Apalagi, kami pasti memboyong tim ke sana (Yogyakarta). Itu bisa berpotensi menimbulkan masalah juga," ucap pria berusia 43 tahun tersebut.

"Yang pasti, kami akan kesulitan melakukan koordinasi dan lainnya. Pasti ribet lah. Apalagi sudah ada tujuh tim yang berkandang di sana (Jogjakarta)," imbuh Candra Wahyudi.

Sebelumnya, Persebaya sempat akan berbagi kandang dengan Madura United dan Bhayangkara FC di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo. Namun, Pemkab Sidoarjo menolaknya karena fokus pada penanganan pandemi COVID-19.

Bhayangkara akhirnya memutuskan berkandang di Tangerang, berbagi stadion dengan Persita Tangerang. Sedangkan Madura United “pulang” ke Stadion Gelora Madura, Pamekasan.

Video Populer

Foto Populer