Sukses


Shopee Liga 1: Plus Minus Berkurangnya Pemain Asing di Arema FC Versi Kushedya Hari Yudo

Bola.com, Jakarta - Striker Arema FC, Kushedya Hari Yudo, menilai ada keuntungan dan kekurangan di balik keberadaan pemain asing di timnya. 

Arema FC dikabarkan tengah menunggu kedatangan pemain asing baru. Informasi yang didapat, tim berjuluk Singo Edan ini bakal merekrut pemain asal Brasil.

Manajemen belum merilis siapa pemain itu dan berposisi sebagai apa. Terkait kehadiran pemain asing di Arema, pemain depan mereka, Kushedya Hari Yudo punya pendapat sendiri.

Dia melihat ada sisi positif dan negatif jika Singo Edan mengisi slot 4 pemain asingnya untuk lanjutan Shopee Liga 1. Dengan kehadiran pemain asing, kemungkinan klub lain tidak memandang sebelah mata.

"Kalau hanya mengandalkan pemain lokal saja, mungkin beberapa tim lain memandang enteng Arema," jelasnya.

Namun di balik itu, ada hal positif yang diungkapkan. Sebelum dibuka pendaftaran pemain baru, sebenarnya para pemain lokal punya semangat lebih untuk lanjutan Liga 1.

Kesempatan main jadi lebih terbuka ketika sejumlah pemain asing seperti Jonathan Bauman dan Oh In-Kyun tidak melanjutkan kontrak.

"Sebelum pendaftaran pemain dibuka, khususnya striker lokal sudah menggebu-gebu ingin menunjukkan permainannya di Arema FC. Tujuannya untuk jangka panjang bisa ke Timnas Indonesia," lanjutnya.

 

Video

2 dari 2 halaman

Tetap Edan Meski Tidak Banyak Pemain Asing

Sebenarnya tanpa pemain asing, performa Singo Edan justru lebih edan. Seperti di laga pertama Liga 1 mereka menang 2-0 di kandang PS Tira. Yudo mengakuinya. Waktu itu, hanya Oh In-Kyun yang jadi satu-satunya pemain asing. Sementara Bauman, Alderete dan Matias Malvino belum turun.

"Saya melihat kalau para pemain lokal lebih mudah saling mengerti. Sama-sama sudah tahu apa yang diinginkan di lapangan. Terutama dari segi bahasa, sehingga komunikasinya lancar. Waktu pertandingan pertama rasanya seperti itu. In-Kyun bisa cepat adaptasi karena sudah lama di Indonesia dan komunikasi lancar," sambungnya.

Video Populer

Foto Populer