Sukses


Timnas Indonesia U-19 Belum Tentu Lanjutkan Pemusatan Latihan di Turki

Bola.com, Jakarta - Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia tinggal menunggu waktu. Armada Shin Tae-yong itu bakal segera angkat kaki dari negara runner-up Piala Dunia 2018 tersebut dalam waktu dekat.

Total, Timnas Indonesia U-19 melahap tujuh partai uji coba sejak tiba di Kroasia pada akhir Agustus 2020. Tim berjulukan Garuda Muda itu meraih dua kemenangan, dua hasil seri, dan tiga kekalahan.

Timnas Indonesia U-19 kalah 0-3 dari Bulgaria U-19, takluk 1-7 dari Kroasia U-17, imbang 3-3 kontra Arab Saudi U-19, menang 2-1 dan bermain seri 1-1 melawan Qatar U-19, kalah 0-1 dari Bosnia dan Herzegovina U-19, dan menang 1-0 atas Dinamo Zagreb U-19.

Pertandingan melawan Dinamo Zagreb pada Senin (28/9/2020) menandai akhir dari rangkaian partai uji coba Timnas Indonesia U-19 di Kroasia. Tim Garuda Muda rencananya akan melanjutkan pemusatan latihan di Turki mulai bulan depan.

Namun, rencana tersebut belum tentu terwujud. Sebab, PSSI sampai saat ini belum menerima persetujuan dari Asosiasi Sepak Bola Turki (TFF).

"Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Kroasia akan selesai pada akhir bulan ini. Kami akan meneruskan latihan di luar negeri. Kalau bisa, kami akan ke Turki. Kami sedang dalam komunikasi dengan TFF," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan.

Video

2 dari 2 halaman

Tinggal Lebih Lama di Kroasia

Karena waktunya semakin mepet, PSSI menyiapkan opsi lain sebagai lokasi latihan Timnas Indonesia U-19. Tim Garuda Muda bisa saja menetap di Kroasia lebih lama andai tidak bisa ke Turki.

"Kalau tidak jadi di Turki, mungkin dilanjutkan di Kroasia dengan menyiapkan beberapa uji coba dengan lawan tangguh di sana," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule ini.

"Kami melihat bahwa kemajuan performa mereka menggembirakan. Setiap hari, saya berkomunikasi dengan Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri untuk menanyakan bagaimana performa mereka. Mudah-mudahan penampilan mereka terus meningkat," tuturnya berharap.

Video Populer

Foto Populer