Sukses


3 Negara Eksportir Pemain Asing Terbanyak di Shopee Liga 1 2020: Brasil Rajanya

Bola.com, Jakarta - Shopee Liga 1 2020 merupakan kompetisi elite sepak bola Indonesia. Sebagai kompetisi tertinggi, wajar bila banyak pemain asing yang tertarik mengadu nasib di Indonesia.

Sebanyak 62 pemain asing dari 24 negara di dunia diyakini masih akan meramaikan Shopee Liga 1 2020. Kepastian itu didapat setelah mereka berkomitmen untuk terus bermain di Indonesia meskipun di tengah suasana pandemi Covid-19.

Jumlah pemain asing yang ada saat ini sebenarnya sudah menurut jika dibandingkan pada awal musim lalu. Sebanyak 16 pemain asing memilih mundur.

Hal itu terjadi karena berbagai alasan. Ada yang mundur karena tak sepakat saat renegosiasi kontrak hingga faktor keluarga.

Meski demikian, apresiasi layak diberikan kepada pemain asing yang memilih bertahan di Indonesia. Padahal Shopee Liga 1 2020 belum bisa dipastikan kelanjutannya setelah pada Oktober 2020 mengalami penundaan.

PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) memang memberi garansi musim ini tetap akan dilanjutkan. Namun, pada akhirnya penyelenggaran kompetisi tergantung pada restu dari Kepolisian Republik Indonesia.

Lantas, negara mana saja yang menyumpang pemain asing paling banyak? Berikut ini tiga negara yang menyumbang banyak pemain asing di Shopee Liga 1 2020.

2 dari 6 halaman

Australia

Kompetisi sepak bola Indonesia menjadi destinasi favorit buat pemain asal Australia. Pada Shopee Liga 1 2020, terdapat tiga pemain yang merumput di Indonesia.

Jumlah itu menurun dari edisi musim lalu. Saat ini, pemain Australia yang bermain di Indonesia adalah Aaron Evans (PSS Sleman), Aryn Williams (Persebaya Surabaya), Jacob Pepper (Madura United).

Kualitas fisik dan postur tubuh tinggi diyakini menjadi alasan klub Indonesia gemar menggunakan jasa pemain Australia. Selain itu, para pemain asal Benua Kanguru itu juga dikenal memilik teknik yang mumpuni.

3 dari 6 halaman

Belanda

Belanda menjadi negara kedua yang mengirimkan pemain asing paling banyak di Indonesia. Terdapat empat pemain Belanda yang berkarier di klub Shopee Liga 1 2020.

Mereka adalah Geoffrey Castillion (Persib Bandung), Melvin Platje (Bali United), Nick Kuipers (Persib Bandung), Wiljan Pluim (PSM Makassar). Jumlah tersebut menurun setelah Marc Klok saat ini sedang menyelesaikan proses naturalisasi menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Sementara itu, Sylvano Comvalius memutuskan untuk hengkang ke Eropa. Hal itu terjadi karena tak mencapai kesepakatan perihal renegosiasi kontrak dengan Persipura Jayapyra.

4 dari 6 halaman

Brasil

Brasil menjadi negara penyumbang pemain asing paling banyak di Shopee Liga 1 2020. Terdapat 24 pemain Brasil yang tersebar di 16 klub.

Situasi ini sebenarnya sudah tak asing. Kompetisi elite Indonesia memang menjadi tujuan menjanjikan bagi pemain Brasil dalam melanjutkan karier.

Klub Indonesia juga sangat gemar menggunakan jasa pemain asing asal Brasil. Hal itu dikarenakan pemain asing memiliki kemampuan mumpuni baik secara individual maupun kolektif.

Madura United dan PSIS Semarang menjadi klub dengan jumlah pemain Brasil paling banyak yakni masing-masing tiga nama. Adapun Persita Tangerang dan Persija Jakarta yang musim ini tak menggunakan jasa pemain asing.

5 dari 6 halaman

Daftar Lengkap

Berikut ini daftar pemain asing berdasarkan negara asal yang sampai saat ini terkonfirmasi masih akan bermain di Shopee Liga 1 2020:

Argentina: Gaspas Vega (Persik Kediri)

Australia: Aaron Evans (PSS Sleman), Aryn Williams (Persebaya Surabaya), Jacob Pepper (Madura United)

Belanda: Geoffrey Castillion (Persib Bandung), Melvin Platje (Bali United), Nick Kuipers (Persib Bandung), Wiljan Pluim (PSM Makassar)

Bosnia dan Herzegovina: Eldan Hasanovic (Persita Tangerang), Serif Hasic (PSM Makassar)

Brasil: Alex Goncalves (Persikabo), Bruno Dybal (Persiraja Banda Aceh), Bruno Lopes (Madura United), Bruno Matos (Madura United), Bruno Silva (PSIS Semarang), Caio Ruan (Arema FC), Cassio Francisco (Barito Putera), Ciro Alves (Persikabo), David da Silva (Persebaya Surabaya), Diogo Campos (Borneo FC), Flavio Beck (PSIS Semarang), Francisco Torres (Borneo FC), Gabriel do Carmo (Persela Lamongan), Giancarlo Rodrigues (PSM Makassar), Guilherme Batata (PSS Sleman), Jaimerson Xavier (Madura United), Jefferson Oliveira (Persik Kediri), Marquinhos Carioca (Persela Lamongan), Renan Silva (Bhayangkara FC), Thiago Amaral (Persipura Jayapura), Vanderlei Francisco (Persiraja Banda Aceh), Wallace Costa (PSIS Semarang), Wander Luiz (Persib Bandung), Willian Pachecho (Bali United)

Chad: Ezechiel N'Douassel (Bhayangkara FC)

Filipina: Omid Nazari (Persib Bandung)

Inggris: Adam Mitter (Persiraja Banda Aceh)

Irak: Brian Ferreira (Persela Lamongan), Brwa Nouri (Bali United)

Italia: Marco Motta (Persija Jakarta)

Jepang: Takuya Matsunaga (Persipura Jayapura)

Kirgistan: Tamirlan Kozubaev (Persita Tangerang)

Korea Selatan: Lee Won-jae (Bhayangkara FC)

Kroasia: Marko Simic (Persija Jakarta)

Lebanon: Samir Ayass (Persiraja Banda Aceh)

Liberia: Zah Rahan Krangar (Madura United)

Mali: Makan Konate (Persebaya Surabaya)

Nepal: Rohit Chand (Persija Jakarta)

Palestina: Jonathan Cantillana (PSIS Semarang), Mahmoud Eid (Persebaya Surabaya)

Pantai Gading: Herve Guy (Bhayangkara FC)

Serbia: Aleksandar Rakic (Barito Putera), Danilo Sekulic (Barito Putera)

Tajikistan: Nuriddin Davronov (Borneo FC)

Ukraina: Yevhen Bokhashvili (PSS Sleman), Yevhen Budnik (Persita Tangerang)

Uzbekistan: Artyom Filiposyan (Persikabo), Javlon Guseynov (Borneo FC)

6 dari 6 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer