Sukses


Shopee Liga 1: Arema FC Tidak Memaksakan Kurniawan Kartika Ajie Kembali Lebih Cepat

Bola.com, Malang - Kiper Arema FC, Kurniawan Kartika Ajie, sudah menjalani operasi pada bulan lalu untuk memulihkan cedera lutut yang dialaminya. Pemain kelahiran Balikpapan itu sekarang rutin menjalani terapi. Belum dimulainya lanjutan Shopee Liga 1 2020 membuat kemungkinan Kartika Ajie bisa kembali bermain sebelum kompetisi berakhir. Namun, Arema FC enggan memaksakan kondisi tersebut.

Ketika dikonfirmasi kepada tim medis Arema FC, vonis Kartika Ajie yang harus absen hingga akhir musim belum juga dicabut. Mantan kiper Timnas Indonesia U-22 itu diperkirakan masih butuh waktu sekitar setengah tahun untuk pemulihan kondisi.

"Untuk pemulihan Ajie, masih membutuhkan waktu sekitar 6 sampai 7 bulan lagi. Kalau dipercepat, tentu akan berisiko," ujar fisioterapis Arema FC, Reta Arroyan.

Sekilas, Kartika Ajie terlihat sudah bisa berjalan normal. Dia tidak lagi memakai tongkat bantu untuk berjalan. Perkembangan yang bagus tentunya. Sekarang Kartika Ajie masih melakukan penguatan otot lagi sebelum terjun ke lapangan.

"Harus bertahap proses pemulihannya. Kalau dipercepat sekali lagi masih berisiko," lanjut Reta Arroyan.

Kompetisi Liga 1 saat ini masih belum jelas kapan dimulai lagi. Kabarnya, paling lambat kompetisi musim ini berakhir pada April 2021. Setelah itu, Indonesia fokus kepada persiapan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2021. Padahal baru April mendatang Ajie diprediksi mulai bisa bergabung kembali bersama Arema FC.

Video

2 dari 2 halaman

Seperti Dedik Setiawan pada Musim Lalu

Satu hal yang perlu diketahui, mantan kiper Persiba Balikpapan itu mengalami cedera lutut saat latihan pertama Arema FC setelah sempat dihentikan karena pandemi COVID-19.

Tepatnya pada latihan pertama yang digelar Arema FC pada awal Agustus silam, Kartika Ajie cedera setelah salah melakukan pendaratan karena menangkap bola yang melambung. Ligamen lutut kanannya pun bermasalah.

Cedera ini sama seperti yang dialami striker Arema FC, Dedik Setiawan, pada musim lalu. Pemain asal Kabupaten Malang itu butuh waktu sekitar 9 bulan untuk kembali berlatih dengan skuat utama Singo Edan.

Sekarang, Dedik menjadi andalan lini depan Arema lagi. Singo Edan tidak memiliki striker asing setelah duo Argentina, Jonathan Bauman dan Elias Alderete, memutuskan tidak menyetujui renegosiasi kontrak karena adanya pemangkasan gaji.

Video Populer

Foto Populer