Sukses


PSSI Isyaratkan Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19 di Prancis Batal, Belanda dan Jepang Dibidik sebagai Pengganti

Bola.com, Jakarta - PSSI kemungkinan besar membatalkan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di Prancis pada akhir tahun ini. Belanda dan Jepang dibidik sebagai lokasi pengganti.

Saat ini, Timnas Indonesia U-19 dalam perjalanan pulang ke Tanah Air. Garuda Muda, julukannya, baru merampungkan pemusatan latihan selama dua bulan di Kroasia.

Timnas Indonesia U-19 akan istirahat sekitar sebulan sebelum kembali melanjutkan pemusatan latihan demi menatap Piala AFC U-19 2020 dan Piala Dunia U-20 2021.

PSSI berencana mengirim Timnas Indonesia U-19 ke Prancis pada Desember 2020. Selain berlatih, Garuda Muda juga dijadwalkan mengikuti Turnamen Toulon 2020. Namun, perhelatan itu dibatalkan karena melonjaknya kasus COVID-19 di sana.

"Ada istirahat cukup lama sebelum ke Prancis. Namun, negaranya membatalkan Turnamen Toulon 2020. Kami akan coba cari lokasi pengganti, mungkin ke Belanda atau Jepang atau lokasi lain," kata Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, pada webinar virtual bertajuk 'Piala Dunia U-20 2021, Panggung Anak Muda Indonesia' persembahan dari BABE, Selasa (27/10/2020).

2 dari 3 halaman

Turnamen Toulon 2020 Dibatalkan

Sebelumnya, Komite Penyelenggara membatalkan Turnamen Toulon 2020 karena meningkatnya penyebaran virus corona di Bouches-du-Rhone, lokasi penyelenggara. Pemerintah Prancis bergerak cepat untuk menerapkan jam malam di wilayah tersebut.

"Seperti yang dilihat, situasi kembali memburuk di Eropa, terutama di Prancis Selatan yang mengalami peningkatan jumlah kasus positif COVID-19," tulis Komite Penyelenggara Turnamen Toulon dalam keterangan di lamannya, festival-foot-espoirs.com.

"Situasi ini menyebabkan pemerintah Prancis menetapkan jam malam di berbagai wilayah, termasuk di Bouches-du-Rhone, lokasi penyelenggaraan turnamen. Saat ini, bukan lagi tentang olahraga. Namun, sebagai warga negara, kami ikuti rekomendasi pemerintah untuk melindungi atlet, pelatih, dan ofisial dalam organisasi dan turnamen ini."

"Akibatnya, setelah berkonsultasi dengan mitra utama, kami mengambil keputusan sulit untuk membatalkan turnamen. Seperti yang Anda bayangkan, ini adalah pukulan berat bagi kami. Namun, kami akan kembali pada 2021. Turnamen yang dibuat sejak 1967, mendapatkan reputasi dunia selama bertahun-tahun dan kami memiliki keinginan yang kuat untuk melanjutkan warisan ini."

"Kami mengerjakan turnamen berikutnya, yang rencananya akan diadakan pada 31 Mei hingga 13 Juni 2021. Turnamen ini menawarkan kualitas tinggi dan dapat menjadi ajang persiapan bagi negara yang akan mengikuti Olimpade Tokyo 2020 pada 23 Juli-8 Agustus 2021," bunyi akhir dari keterangan Komite Penyelenggara Turnamen Toulon 2020.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer