Sukses


Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19 Selesai, Shin Tae-yong Pulang ke Korea Selatan

Bola.com, Jakarta - Bukan cuma para pemain Timnas Indonesia U-19 saja yang akan beristirahat setelah pemusatan latihan di Kroasia tuntas, pelatih Shin Tae-yong pun melakukan hal yang sama. Arsitek berusia 50 tahun itu diperbolehkan PSSI untuk pulang kampung ke Korea Selatan.

Timnas Indonesia U-19 telah bertolak dari Zagreb, Kroasia, pada Senin (26/10/2020) setelah merampungkan pemusatan latihan selama dua bulan di sana. Rencananya, skuat Garuda Muda bakal mendarat di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, pada Selasa (27/10/2020) sore WIB.

Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mengatakan bahwa Shin Tae-yong akan menetap di Indonesia selama beberapa hari sebelum pulang ke Korea Selatan.

"Skuat Timnas Indonesia U-19 akan tiba di Tanah Air pada sore ini. Pada 1 November 2020, mungkin dia butuh istirahat. Dia meminta waktu kepada kami untuk pulang ke Korea Selatan," kata Iriawan pada webinar bertajuk Piala Dunia U-20 2021, Panggung Anak Muda Indonesia, Selasa (27/10/2020).

Shin Tae-yong sudah tiga bulan meninggalkan Korea Selatan. Arsitek asal Gyeoungbuk ini sempat mudik ke Negeri Ginseng selama tiga bulan pada April-Juli 2020 ketika Timnas Indonesia U-19 nihil kegiatan.

2 dari 3 halaman

Tanpa Kegiatan Selama Sebulan

Semula, Iriawan berniat membubarkan Timnas Indonesia U-19 setelah kepulangan dari Kroasia agar bisa berkompetisi di Shopee Liga 1 dan Liga 2. Namun, karena terkendala izin kepolisian, pria yang karib dipanggil Iwan Bule ini khawatir kondisi para pemain menjadi tidak optimal.

"Nanti ada waktu kosong. Kalau ada kompetisi, performa para pemain Timnas Indonesia U-19 bisa terjaga bahkan meningkat," imbuh pria yang karib dipanggil Iwan Bule ini.

"Sekarang, Shin Tae-yong punya program, yaitu latihan virtual. Sementara, para pemain Timnas Indonesia U-19 akan kami kembalikan ke daerahnya masing-masing dalam waktu sebulan," jelasnya.

Setelah ini, awalnya PSSI berencana mengirimkan Timnas Indonesia U-19 ke Prancis pada Desember 2020. Selain berlatih, Garuda Muda dijadwalkan mengikuti Turnamen Toulon 2020. Namun, perhelatan itu batal karena melonjaknya kasus COVID-19 di negeri Menara Eiffel itu.

"Ada istirahat cukup lama sebelum ke Prancis. Namun, negaranya membatalkan Turnamen Toulon 2020. Kami akan coba cari lokasi pengganti, mungkin ke Belanda atau Jepang atau lokasi lain," tutur Iwan Bule.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer