Sukses


PSSI Flashback Masa Pendekatan dengan Shin Tae-yong: Saling Sikut dengan Klub China

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, mengenang masa-masa pendekatan dengan manajer pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong. Ketika itu, pihaknya sampai harus saling sikut dengan klub China untuk mendapatkan tanda tangan pria berusia 50 tahun tersebut.

Tim asal China yang dimaksud Iriawan adalah Shenzhen FC. Saat ini, kesebelasan itu tengah berkompetisi di Chinese Super League atau kasta teratas dalam piramida sepak bola Negeri Tiongkok.

Shin Tae-yong masuk sebagai kandidat pengganti Simon McMenemy sebagai pelatih Timnas Indonesia setelah Iriawan menjadi Ketua PSSI pada 2 November 2020. Arsitek asal Korea Selatan itu bersaing dengan lima nama lainnya, termasuk Luis Milla.

"Ketika saya baru menjabat sebagai Ketua PSSI pada 2 November 2020, saya langsung mencari pelatih. Ada enam pelatih yang masuk ke meja kami," kata Iriawan pada webinar virtual 'Piala Dunia U-20 2021, Panggung Anak Muda Indonesia' persembahan dari BABE, Selasa (27/10/2020).

"Saya berdiskusi dengan Komite Eksekutif PSSI dan Direktur Teknik PSSI. Lalu mengerucut ke dua orang. Satu di antaranya adalah Shin Tae-yong," imbuh pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

Video

2 dari 2 halaman

Gerak Cepat PSSI

Kala itu, kabarnya, Shin Tae-yong masih mempertimbangkan tawaran dari Shenzhen FC, alih-alih langsung menerima pinangan PSSI. Dia akhirnya memantapkan pilihan setelah keinginannya menjadi manajer pelatih Timnas Indonesia dipenuhi.

"Kami bergerak cepat untuk menunjuk yang bersangkutan karena memang dia akan dipakai juga oleh klub China. Mereka punya finansial yang besar," imbuh Iriawan.

Tidak tanggung-tanggung, Shin Tae-yong diganjar kontrak empat tahun oleh PSSI. Mantan pelatih Timnas Korea Selatan ini bertanggung jawab terhadap seluruh Timnas Indonesia kelompok umur, utamanya timnas senior dan timnas U-19.

Video Populer

Foto Populer