Sukses


5 Pemain Berdarah Batak yang Paling Memesona dari Era ISL hingga Liga 1

Bola.com, Jakarta - Pemain asal Sumatra Utara rutin mewarnai ranah sepak bola Indonesia. Setiap tahunnya selalu ada pemain dari Sumut yang sukses di kompetisi hingga menembus Timnas Indonesia.

Dahulu kala, ada nama-nama pemain asal Sumatra Utara yang malang melintang di Liga Indonesia. Sebut saja Zulkarnain Lubis, Ansyari Lubis, hingga Abdul Rahman Gurning.

Sebagai putra daerah, harapan pertama tentu bisa memperkuat klub sepak bola tanah kelahiran. Tradisi tersebut dahulu sempat terjadi saat Ansyari Lubis pernah berkarier di Medan Jaya, PSDS Deli Serdang, hingga Pro Duta.

Namun, saat ini klub-klub Sumatra Utara sedang mati suri. Sebut saja PSMS Medan yang sempat promosi pada 2018 dan turun kasta lagi hingga belum mampu kembali ke Liga 1.

Fenomena terbenamnya PSMS Medan membuat para talenta pemain berkualitas memilih merantau ke klub-klub luar Sumatra. Bermain di luar daerah ternyata tak menjadi halangan buat para pemain Sumut.

Sejumlah nama terbukti mampu bersinar dan meraih prestasi. Lantas, siapa saja pesepak bola asal Sumatra Utara yang layak dilabeli terbaik dan tampil memesona di era ISL hingga Liga 1 Indonesia?

2 dari 7 halaman

Saktiawan Sinaga

Saktiawan Sinaga merupakan penyerang tangguh yang pernah meramaikan Liga Indonesia. Saktiawan Sinaga dikenal memiliki tembakan keras dan terukur yang sulit ditebak kiper.

Saktiawan Sinaga pernah membela PSPS, PSDS, PSMS Medan, Persik Kediri, Semen Padang, dan sejumlah klub elite Indonesia lainnya. Saat ini, Saktiawan Sinaga masih aktif bermain di Liga 2 bersama Tiga Naga.

Saktiawan Sinaga juga pernah menjadi andalan di Timnas Indonesia rentang 2004-2009. Bersama Timnas Garuda, pemain kelahiran Medan, 19 Februari 1982 itu mengoleksi sembilan pertandingan dan dua gol.

Pada usia 38 tahun saat ini, Saktiawan Sinaga masih bisa diandalkan di lini depan Tiga Naga. Saktiawan bahkan tak gentar bersaing dengan pemain yang usianya lebih muda.

3 dari 7 halaman

Mahyadi Panggabean

Mahyadi Panggabean merupakan pemain berkualitas asal Sumatra Utara. Mahyadi bisa dimainkan sebagai bek kiri hingga gelandang sayap kiri.

Mahyadi dikenal sebagai pemain yang lincah dan gemar melakukan duel fisik. Keunggulan itulah yang membuatnya sering disegani lawan saat bertanding di lapangan.

Semasa kariernya, Mahyadi pernah membela PSMS Medan, Persib Kediri, Sriwijaya FC, Persela Lamongan, hingga Persik Kediri. Puncak kesuksesan Mahyadi terjadi semasa bermain di PSMS Medan saat mempersembahkan tiga trofi Bang Yos.

Mahyadi Panggabean juga sering mendapatkan kesempatan bermain untuk Timnas Indonesia. Pemain asal Tapanuli Tengah itu tercatat mengoleksi 18 penampilan untuk Timnas Garuda.

4 dari 7 halaman

Paulo Sitanggang

Paulo Sitanggang merupakan pemain asli Sumatra Utara kelahiran Deli Serdang, 17 Oktober 1995. Pemain yang berperan sebagai gelandang itu mengawali kariernya di SSB Kurnia Medan.

Namun, sepanjang kariernya sampai saat ini Paulo Sitanggang kerap merantau. Paulo Sitanggang pernah memperkuat Jember United, Barito Putera, dan Persik Kediri.

Pada 2020, Paulo Sitanggang kembali ke Sumatra Utara untuk membela PSMS Medan di Liga 2 2020. Paulo Sitanggang merupakan pemain tangguh yang dikenal memiliki kelincahan dan kualitas mumpuni.

Paulo Sitanggang juga merupakan pemain andalan di Timnas Indonesia kelompok umur yakni U-19 dan U-22. Adapun di Timnas Indonesia senior, pemilik nama lengkap Paulo Oktavianus Sitanggang baru bermain sekali pada debut di tahun 2017.

5 dari 7 halaman

Ferdinand Sinaga

Ferdinand Sinaga merupakan pemain tangguh yang bisa dimainkan di berbagai posisi. Ferdinand bisa didapuk sebagai gelandang hingga penyerang.

Ferdinand dikenal sebagai pemain dengan kualitas mumpuni. Pemain berjulukan The Dragon itu dikenal dingin di depan gawang lawan dan punya tembakan akutar.

Pemain kelahiran Bengkuli, 18 September 1988 itu pernah membela sejumlah klub elite Indonesia semisal Semen Padang, Persib Bandung, Sriwijaya FC, hingga PSM Makassar. Pada 2020, Ferdinand akhirnya pulang kampung untuk membela PSMS Medan di Liga 2 2020.

Pencapaian terbaik Ferdinand sejauh ini adalah mempersembahkan dua gelar liga yakni Liga Primer Indonesia 2011-2012 untuk Semen Padang dan Liga Super Indonesia 2014 untuk Persib Bandung. Selain itu, Ferdinand juga membantu PSM Makassar meraih gelar Piala Indonesia 2019.

6 dari 7 halaman

Riko Simanjuntak

Riko Simanjuntak lahir di Pematang Siantar pada 26 Januari 1992. Riko mengawali kariernya dengan membela PSMS Medan pada 2012. Namun, kariernya di PSMS hanya berlangsung setahun.

Riko kemudian bepetualang ke PS Bangka, Gresik united, hingga Semen Padang. Karier bersama Kabau Sirah menjadi awal kesuksesan Riko Simanjuntak.

Pada 2008, Riko kemudian direkrut Persija Jakarta dan berhasil tampil sebanyak 63 pertandingan. Riko juga sukses mempersembahkan dua gelar yakni Piala Presiden 2018 dan Liga 1 2018.

Riko merupakan gelandang sayap yang tangguh dan bisa diandalkan dalam mencetak assist. Riko juga dikenal sebagai gelandang lincah yang kerap merepotkan pemain lawan.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer