Sukses


Shin Tae-yong Sudah Puas dengan Kiper, Bek, dan Penyerang Timnas Indonesia U-19, tapi Tidak untuk Gelandang

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan mengungkap bahwa pelatih Shin Tae-yong sudah cukup puas dengan kemampuan sektor kiper, bek, dan penyerang Timnas Indonesia U-19.

Namun, arsitek asal Korea Selatan itu disebutnya ini masih menyoroti kualitas barisan para gelandang. Praktis, hanya Witan Sulaeman, gelandang yang mampu mengunci posisi starter selama Timnas Indonesia U-19 beruji coba di Kroasia.

Bahkan, posisi David Maulana, selaku kapten tim masih kerap dirotasi. Tandem David Maulana di lini tengah Timnas Indonesia U-19 juga sering dirombak.

Mulai dari Komang Wiguna, Brylian Aldama, Mohammad Kanu, hingga Beckham Putra. Keempatnya secara bergantian menemani sang il capitano.

Selain itu, Shin Tae-yong juga masih meraba pemain yang cocok untuk pos gelandang sayap kiri. Mochammad Supriadi mulai kerap diandalkan di posisi itu. Namun, kondisinya yang tidak stabil alias gampang cedera membuat tempatnya rentan digeser.

"Saya tanya ke Shin Tae-yong, apakah performa mereka sudah mentok? Tidak katanya. Timnas Indonesia U-19 ini baru 70 persen. Artinya, masih ada 30 persen yang bisa digali," kata Iriawan di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat, Selasa (27/10/2020).

"Posisi gelandang katanya masih kurang. Shin Tae-yong akan mencari pemain di posisi itu. Kalau saja kompetisi bergulir, mungkin ada pemain baru di klub yang bisa dipertimbangkan oleh Shin Tae-yong," jelas pria yang karib dipanggil Iwan Bule tersebut.

2 dari 3 halaman

Kompetisi Mengasah dan Melahirkan Pemain

Kata Iwan Bule, kelanjutan kompetisi bukan hanya menguntungkan PSSI dan peserta, namun juga bermanfaat bagi Shin Tae-yong. Arsitek berusia 50 tahun itu dapat memantau sekaligus mengobservasi pemain yang layak dipanggil ke Timnas Indonesia U-19.

"Shin Tae-yong menginginkan kompetisi untuk digulirkan, bukan hanya PSSI dan klub saja. Sampai sekarang, kepolisian belum mengizinkan. Kondisi ini mengubah road map Shin Tae-yong," tutur Iwan Bule.

"Mudah-mudahan kepolisian bisa memberikan izin sehingga para pemain Timnas Indonesia U-19 tetap dapat mempertahankan kemampuan di nuansa yang berbeda yaitu kompetisi. Kami berharap mereka terus dalam performa yang bagus," jelasnya.

3 dari 3 halaman

Video

Video Populer

Foto Populer