Sukses


PSSI Beri Sinyal Timnas Indonesia U-19 Bakal Gelar Pemusatan Latihan di Korea Selatan

Bola.com, Jakarta - Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memberi sinyal Timnas Indonesia U-19 bakal menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan. Rencana tersebut dibuat setelah PSSI kesulitan mendapatkan izin dari negara-negara Eropa.

Sejumlah negara yang masuk dalam daftar rencana tempat pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 adalah Belanda dan Spanyol. Namun, PSSI sampai saat ini belum mendapatkan respons dari federasi kedua negara itu.

Mochamad Iriawan menyebut pihaknya terus melakukan pendekatan dengan Asosiasi Sepak Bola Kerajaan Belanda (KNVB) dan Federasi Sepak Bola Kerajaan Spanyol (RFEF). Namun, PSSI sudah menyiapkan roadmap ke Korea Selatan sebagai alternatif.

"Pemusatan latihan ke Korea Selatan belum pasti meskipun roadmap-nya di sana. Rencana ke Belanda juga belum ada keputusan. Jadi, untuk sementara ini Timnas Indonesia U-19 mungkin akan ke Korea Selatan," kata Mochamad Iriawan.

Pelatih Shin Tae-yong diklaim tidak menjadikan Korea Selatan sebagai negara prioritas buat Timnas Indonesia U-19. Hal itu karena dengan melakukan pemusatan latihan di Eropa, Timnas U-19 bisa mendapatkan lawan-lawan yang lebih berkualitas.

"Shin Tae-yong punya keinginan bukan ke Korea karena secara grade (ranking FIFA) juga lebih tinggi Eropa ketimbang Korea. Namun, kami belum mampu meyakinkan negara Eropa untuk menerima Timnas Indonesia U-19," tegas Mochamad Iriawan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Didukung Pemerintah Korea

Timnas Indonesia U-19 kabarnya akan melakukan pemusatan latihan di Daegu, Korea Selatan. Pemerintah Kota Daegu juga sudah memberikan izin dan dukungan kepada pasukan Shin Tae-yong.

"Pada 12 November, staf pelatih Timnas Indonesia sudah mencari tempat latihan seperti Stadion Daegu, stadion tambahan lain, dan lapangan sepak bola di tepi sungai, serta akomodasi. Kami akan mendukung agar mereka berhasil menyelesaikan pemusatan latihan di Daegu," bunyi pernyataan Pemerintah Kota Daegu.

Timnas U-19 dijadwalkan tiba di Korea Selatan pada 25 November 2020. Setelah itu, rombongan yang terdiri dari 30 pemain dan 20 staf pendukung bakal melakukan karantina mandiri selama 15 hari sebelum menggelar pemusatan latihan pada 10 Desember 2020.

Video Populer

Foto Populer