Sukses


Timnas Indonesia U-19 Genjot Daya Tahan dalam Latihan Perdana di Jakarta

Bola.com, Jakarta - Timnas Indonesia U-19 menggelar latihan perdana pemusatan latihan (TC) yang berlangsung di Stadion Madya, Jakarta, Senin (16/11/2020). Para pemain melahap menu latihan daya tahan (endurance).

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 kali ini diikuti 38 pemain. Rencananya, sesi latihan ini akan berlangsung sampai 23 November 2020.

Pelatih Shin Tae-yong tidak tampak memimpin sesi latihan Timnas Indonesia U-19 karena masih berada di Korea Selatan. Sehingga sesi latihan ini dipimpin oleh asisten pelatih Nova Arianto dan pelatih lokal lainnya.

"Hari ini pemain berlatih naik dan turun tangga serta sebagian melakukan skipping. Hal ini untuk menjaga endurance mereka, untuk naik-turun tangga sekitar 20 menit dan kami membagi dua dengan yang melakukan skipping," kata Nova Arianto.

Terdapat beberapa wajah baru dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Pelatih Nova Arianto meminta mereka untuk bisa cepat beradaptasi dengan menu latihan dan rekan setim.

“Kondisi pemain baik, tapi pemain baru harus beradaptasi dengan situasi latihan ini. Secara fisik memang belum menyamai fisik pemain yang sudah TC di Kroasia kemarin," ucap Nova Arianto.

"Kami berharap mereka bisa berlatih lebih maksimal untuk mengejar kondisi fisik dengan pemain yang sudah lama bergabung dengan tim," tegas Nova Arianto.

Pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 ini merupakan program lanjutan dari TC Kroasia dan latihan virtual. Kegiatan ini dilakukan untuk mempersiapkan tim sebelum berlaga di Piala AFC dan Piala Dunia U-20 2021.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Fokus Mental

Nova Arianto menambahkan fokus pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 kali ini adalah mental pemain. Para pemain diharapkan bisa menunjukkan mental yang baik selama menjalani semua program latihan.

"Pada TC kali ini kami lebih fokus untuk melihat mental pemain dalam menjalani semua program latihan yang diberikan oleh tim pelatih. Semua program latihan dari coach Shin Tae-yong adalah bagaimana pemain menjalani latihan itu dengan baik," ujar Nova.

Meskipun tidak hadir, tapi pelatih Shin Tae-yong tetap mengikuti perkembangan pemusatan latihan Timnas U-19. Nantinya, Shin Tae-yong yang akan menilai secara langsung kualitas dari para pemain.

Video Populer

Foto Populer