Sukses


PSSI Akan Putuskan Lokasi Pemusatan Latihan Timnas Indonesia U-19 dalam 2 Hari ke Depan

Bola.com, Jakarta - Nasib pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di luar negeri masih gelap. Garuda Muda, julukannya, di antara pusaran menimba ilmu ke Korea Selatan atau Spanyol.

Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri mengabarkan bahwa pihaknya mungkin akan menentukan nasib pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19 di luar negeri dalam waktu dekat.

"Dalam satu atau dua hari ke depan, kami akan memberikan update terkait lokasi pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19," kata Indra Sjafri.

Indra Sjafri mengungkapkan, PSSI masih mempertimbangkan untuk mengirimkan Timnas Indonesia U-19 ke Korea Selatan atau Spanyol. Keputusan ini, lanjutnya, perlu dirumuskan matang-matang mengingat kondisi di berbagai negara masih belum stabil akibat pandemi COVID-19.

"Pada masa pandemi COVID-19 seperti ini, kami tidak bisa hanya mempunyai rencana A. Harus ada opsi B, C, dan seterusnya. Kecuali kondisinya normal, kami bisa langsung tentukan," jelasnya.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

2 dari 2 halaman

Condong ke Spanyol

Sebelumnya, Mochamad Iriawan selaku Ketua PSSI cenderung lebih memilih Spanyol dibandingkan Korea Selatan untuk menjadi tempat Timnas Indonesia U-19 menimba ilmu.

Iwan Bule, panggilannya, mengklaim bahwa Timnas Indonesia U-19 akan menemui banyak kendala di Korea Selatan, semisal isolasi 14 hari, cuaca dingin, dan minimnya lawan uji coba berkualitas.

"Selain itu, kalau di Korea Selatan, Timnas Indonesia U-19 tidak bisa melihat pemain yang memiliki darah Indonesia karena karantina 14 hari itu," kata Iwan Bule.

"Kami juga belum mendapatkan persetujuan dari KFA sehingga sampai sekarang belum ada kepastian. Meski pelatih kami, Shin Tae-yong, sudah melakukan penjajakan di sana."

"Sementara itu di Korea Selatan suhu terus turun. Sehingga dikhawatirkan pada Desember 2020, suhunya sudah minus 0 derajat. Kami juga belum mendapatkan lawan yang tangguh untuk uji coba mereka di Korea Selatan. Namun, di Spanyol, sudah ada beberapa tim yang siap melakukan uji coba," ucap Iwan Bule.

Video Populer

Foto Populer