Sukses


5 Kiper Veteran yang Memesona di Shopee Liga 1, Terbukti Gesit dan Kompetitif

Bola.com, Jakarta - Usia menjadi momok yang menakutkan buat para pesepak bola dunia, tak terkecuali di Indonesia. Namun, pada kenyataannya ada beberapa pemain yang masih bisa tampil kompetitif pada usia yang sudah tak lagi muda, terutama di posisi penjaga gawang.

Dalam dunia sepak bola, usia memang tidak terlalu berpengaruh pada pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang. Makin tua, justru para penjaga gawang biasanya makin matang dengan pengalaman-pengalamannya.

Banyak kiper di dunia yang bisa membuktikan kualitasnya meski sudah berusia veteran. Contohnya adalah Gianluigi Buffon di Juventus yang masih bisa bersaing hingga usianya saat ini menginjak 42 tahun.

Namun, tetap saja usia tak bisa dibohongi seiring mulai melambatnya refleks dalam mengantisipasi bola. Meski begitu, pada akhirnya para kiper veteran masih berusaha untuk bisa bersaing dengan yang lebih muda.

Itu dibuktikan dengan banyaknya kiper veteran yang dipercaya menghuni skuat inti di klub Shopee Liga 1 2020. Kepercayaan itu dibayar lunas dengan performa gemilang dan raihan clean sheets.

Bola.com memilih lima kiper veteran yang berhasil kompetitif di kasta elite Indonesia. Mereka adalah kiper yang masih bermain di tim inti dengan kemampuan dan antisipasi bola yang baik. Siapa saja?

2 dari 7 halaman

Jandia Eka Putra (33 Tahun)

Meskipun sudah tidak lagi muda, namun Jandia Eka Putra belum tergantikan di posisi penjaga gawang PSIS Semarang. Kiper berusia 33 tahun itu masih menjadi pilihan utama di Shopee Liga 1 2020.

Jandia Eka Putra sudah tampil penuh dalam tiga pertandingan awal musim PSIS. Dalam tiga laga itu, Jandia kebobolan empat kali dan berhasil mencatatkan satu kali clean sheets.

Jandia tentu tak boleh lengah dan harus mempertahankan performanya karena mendapatkan persaingan ketat. PSIS memiliki tiga kiper lain, yakni Joko Ribowo, Muhammad Fadli, dan Yofandani Pranata yang membidik posisi Jandia.

3 dari 7 halaman

Dede Sulaiman (34 Tahun)

Dede Sulaiman menjadi kiper inti Persipura Jayapura di Shopee Liga 1 2020. Kiper berusia 34 tahun itu sudah tampil penuh dalam tiga laga awal Persipura.

Bersama Dede Sulaiman, Persipura meraih dua kemenangan dengan rincian lima kali kebobolan dan sekali clean sheets. Namun, Dede Sulaiman dipastikan tidak akan membela Persipura pada sisa musim ini.

Dede Sulaiman mengalami robek anterior cruciate ligament (ACL). Cedera itu kabarnya membutuhkan waktu enam bulan untuk pulih.

4 dari 7 halaman

Dwi Kuswanto (35 Tahun)

Dwi Kuswanto musim ini membela Persikabo di Shopee Liga 1 2020. Kiper berusia 35 tahun itu sudah tampil sebanyak dua kali.

Dwi Kuswanto telah kebobolan dua kali dan berhasil mencatatkan sekali clean sheets. Penampilan apiknya di bawah mistar gawang menjadi alasan Igor Kriushenko memberi kepercayaan.

Namun, Dwi Kuswanto tak boleh bersantai karena bakal terus menemui persaingan di bawah mistar gawang. Persikabo memiliki tiga kiper lainnya yang siap menggantikan Dwi Kuswanto, yakni Ravi Murdianto, Syahrul Fadillah, dan Andy Prayoga.

5 dari 7 halaman

Wawan Hendrawan (37 Tahun)

Wawan Hendrawan belum tergantikan di bawah mistar gawang Bali United pada Shopee Liga 1 2020. Kiper berusia 37 tahun itu telah dipercaya tampil dalam tiga laga awal Bali United.

Meskipun sudah tidak lagi muda, namun Wawan Hendrawan masih punya refleks yang baik. Sejauh ini, kiper berjulukan Spider-Wan itu telah kebobolan dua kali dan mencatatkan satu clean sheets.

Wawan dituntut untuk tampil konsisten sepanjang musim jika posisinya tak ingin digeser. Bali United punya kiper lain, semisal Nadeo Argawinata, Samuel Erimas, dan Rakasurya Handika yang mengincar posisi Wawan.

6 dari 7 halaman

I Made Wirawan (38 Tahun)

I Made Wirawan akan menginjak usia 39 tahun pada akhir 2020. Usia yang tentu sudah tidak lagi muda buat seorang pesepak bola.

Namun, pada kenyataannya I Made Wirawan masih bisa tampil kompetitif. I Made Wirawan musim ini dipercaya satu kali bermain di Shopee Liga 1 2020 dan mampu menghindarkan Persib dari kekalahan.

Peta persaingan kiper di Persib terbilang ketat dan menuntut I Made Wirawan untuk kompetitif. Persib memiliki kiper lain yang tak kalah tangguh semisal, Teja Paku Alam dan Dhika Bayangkara.

7 dari 7 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer