Sukses


Ketua PSSI Minta Para Pelatih Indonesia Menyerap Ilmu Shin Tae-yong

Bola.com, Jakarta - Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, meminta kepada para pelatih Indonesia benar-benar memanfaatkan kehadiran Shin Tae-yong di Timnas Indonesia. Caranya adalah dengan menyerap segala ilmu yang dimiliki pelatih asal Korea Selatan itu.

Saat ini terdapat dua pelatih Indonesia yang masuk dalam tim kepelatihan Shin Tae-yong di Timnas U-19. Mereka adalah Nova Arianto sebagai asisten dan Sahari Gultom sebagai pelatih kiper.

Adapun Indra Sjafri yang merupakan mantan pelatih Timnas Indonesia U-19 saat ini menjabat sebagai Direktur Teknik PSSI. Mochamad Iriawan berharap, para pelatih Indonesia bisa betul-betul menyerap ilmu kepelatihan dari Shin Tae-yong.

Contohnya adalah dalam hal materi kepelatihan yang meliputi area teknik dan non teknik. Begitu juga dengan kedisiplinan dari Shin Tae-yong yang perlahan mampu membentuk mental para pemain Timnas U-19.

"Indra Sjafri saya suruh tempel Shin Tae-yong dan ambil ilmunya. Begitu juga dengan Nova dan semua untuk bisa 'mencuri' ilmunya yang bagus-bagus," kata Mochamad Iriawan dalam akun YouTube pribadinya.

"Memang dia adalah pelatih yang profesional. Sampai membawa tim analisa sendiri. Strateginya juga luar biasa," puji pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

Shin Tae-yong mendapatkan kontrak berdurasi empat tahun sampai 2024 di Timnas Indonesia. Pelatih Timnas Korea Selatan di Piala Dunia 2018 itu dibebani tanggung jawab di Timnas U-19 dan senior.

2 dari 3 halaman

Pertengahan Desember

Shin Tae-yong saat ini masih berada di Korea Selatan. Sejatinya, Shin Tae-yong ingin kembali ke Indonesia pada awal Desember, namun urung terlaksana karena ada sejumlah masalah.

Hal itulah yang membuat Shin Tae-yong dijadwalkan kembali ke Indonesia pada 11 Desember 2020. Setelah itu, dia akan kembali bertugas di Timnas Indonesia U-19 yang punya rencana menggelar pemusatan latihan di luar negeri.

Sejauh ini ada dua negara yang menjadi kandidat kuat tujuan pemusatan latihan Timnas Indonesia U-19. Kedua negara itu adalah Catalunya dan Korea Selatan yang akan diketahui secara pasti setelah Shin Tae-yong kembali ke Indonesia.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini

Video Populer

Foto Populer