Sukses


Lika-Liku Karier Rowen Koot yang Ingin Membela Timnas Indonesia, Sempat Geluti Tenis hingga Kini Bela Tim Liga 2 Belanda

Bola.com, Jakarta - Kiper berdarah Indonesia, Rowen Koot, tengah menata karier profesionalnya bersama Helmond Sport, klub Eerste Divisie (Liga 2). Ia baru saja melakukan debutnya di level senior saat klubnya dijamu Jong AZ pada pekan ke-17 di Stadion Kalverhoek, Sabtu (19/12/2020).

Sebelumnya, selama dua musim terakhir, Rowen hanya bersatus sebagai kiper pelapis di Fortuna Sittard yang berkompetisi di Eredivisie (Liga 1) Belanda. Menilik usianya yang masih 21 tahun, perjalanan karier Rowen terhitung masih panjang.

Dalam channel youtube Yussa Nugraha, Rowen mengungkapkan awalnya tak pernah membayangkan dirinya menjadi seorang kiper profesional.

Ketika memulai menggeluti sepak bola pada usia 6 tahun di klub amatir kotanya, SVM, Rowen Koot bermain di segala posisi. Tapi, pada satu momen saat klubnya mengikuti turnamen, pelatih memasangnya sebagai kiper.

Dari turnamen itu, ia terpantau oleh tim pencari bakat Roda JC Kerkrade. Rowen bergabung di tim usia 8-12 tahun. Selepas dari Roda, ia kembali ke klub lamanya. Pada periode ini, Rowen sempat menggeluti cabang tenis selama tiga tahun di sela waktunya berlatih sepak bola.

Peruntungan Rowen di sepak bola mulai terbuka ketika Fortuna Sittard menawarinya masuk sebagai pemain akademi klub itu. "Kebetulan dua kiper mereka jarang bergabung di latihan, saya pun direkrut," terang Rowen.

Bagi Rowen, tawaran dari Fortuna terbilang mengejutkan karena sejatinya fokusnya sudah terbelah dengan bermain tenis. "Ternyata tim pemandu bakat Fortuna pernah menyaksikan penampilan saya ketika Roda JC menghadapi Fortuna pada turnamen usia muda," papar Rowen.

Di akademi Fortuna, bakat Rowen digembleng dengan jadwal latihan yang padat. Setelah membela tim akademi Fortuna di liga junior berjenjang di Belanda, Rowen akhirnya mendapat kontrak profesional di tim utama Fortuna ketika usianya menjelang 19 tahun.

Ia menjadikan sukses Fortuna promosi ke Eridivisie pada 2018. "Meski hanya berstatus sebagai kiper pelapis, saya juga ikut menikmati perayaan sukses Fortuna promosi ke kasta tertinggi," kata Rowen Koot

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini

2 dari 2 halaman

Penikmat Soto Buatan Ibu

Sebagai warga Belanda keturunan Indonesia, Rowen mengaku kerap menikmati makanan favorit ala Indonesia.

"Saya menyukai soto buatan ibu yang mendapat resep dari oma saya. Rasanya enak," terang Rowen.

Ibu Rowen asli berdarah Belanda. Rowen bergaris keturunan dari Indonesia dari sang ayah. "Ayah saya memang lahir di Belanda. Tapi, oma dan opa saya asli Indonesia. Mereka sudah lama menetap di Belanda," kata Rowen.

Rowen juga menyimpan keinginan mengunjungi Indonesia. "Adik saya sudah pernah berlibur di Indonesia. Dari cerita dan foto dirinya, saya membayangkan Indonesia itu sangat indah," pungkas Rowen.

Video Populer

Foto Populer