Sukses


5 Striker Lokal Kinclong dalam 4 Musim Terakhir, Bakal Cemerlang di Piala Menpora 2021?

Bola.com, Jakarta - Kurang dari satu bulan lagi sepak bola Indonesia akan kembali bergairah. Liga 1 memang belum digelar, tapi publik pecinta sepak bola Indonesia akan mendapatkan hiburan aksi-aksi pesepak bola idola yang akan bertanding di turnamen pramusim, Piala Menpora 2021.

Satu tahun sepak bola Indonesia seperti mati suri lantaran kompetisi sepak bola profesional dihentikan akibat dari pandemi COVID-19. Shopee Liga 1 2020 sempat akan berlanjut pada Oktober 2020, tapi urung terlaksana karena tidak mendapatkan izin dari kepolisian.

Kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia itu, dan turunannya, akhirnya batal dilanjutkan. Para pesepak bola Indonesia pun sudah resah, di mana tak sedikit dari mereka yang akhirnya memutuskan bergabung bersama klub luar negeri, meski hanya berstatus pinjaman.

Kini sepak bola Indonesia akan kembali bergulir dengan Piala Menpora 2021 sebagai awalannya. Turnamen pramusim yang akan digelar pada 20 Maret hingga 25 April itu rencananya juga akan menjadi simulasi penerapan protokol kesehatan agar pelaksanaan Liga 1 2021 yang akan digelar pada pertengahan tahun juga bisa mendapatkan izin dari kepolisian.

Tentunya 18 tim peserta Liga 1 akan berlaga di turnamen pramusim ini. Sejumlah klub sudah melakukan persiapan, di antaranya Bali United, Arema FC, dan Bhayangkara FC. Sejumlah klub juga sudah berburu pemain, seperti yang dilakukan oleh Borneo FC.

Penggemar sepak bola Indonesia pun akan kembali disuguhi oleh penampilan asyik para pesepak bola Indonesia, khususnya striker-striker yang akan mencetak gol demi gol.

Siapa yang akan menonjol? Apakah striker lokal yang kinclong dalam empat tahun terakhir, baik di turnamen pramusim ataupun kompetisi liga, bisa kembali tampil apik? Berikut ulasan deretan striker lokal Indonesia yang punya potensi cemerlang di Piala Menpora 2021.

2 dari 7 halaman

Osvaldo Haay

Osvaldo Haay merupakan pemain muda yang selalu tampil cemerlang bersama tim yang dibelanya. Pemain yang menembus tim utama Persipura Jayapura pada Torabika Soccer Championship 2016 itu akhirnya berkembang seiring perjalanan waktu.

Ia tampil apik bersama Persebaya Surabaya pada musim 2018 dan 2019. Sebagai penyerang sayap muda, Osvaldo Haay tampil apik dan mempersembahkan total 16 gol dalam 2 musim bersama Bajul Ijo.

Osvaldo pun cemerlang bersama Timnas Indonesia di SEA Games 2019. Ia menjadi top scorer bersama pemain Vietnam dalam pesta olahraga Asia Tenggara yang digelar di Filipina itu.

Pada musim 2020, Osvaldo Haay memutuskan bergabung bersama Persija Jakarta. Dalam dua laga pertama Persija di Liga 1 2020, Osvaldo Haay sudah mencetak satu gol. Namun, aksinya harus terhenti karena pandemi COVID-19.

Patut dinantikan bagaimana aksi Osvaldo Haay pada musim 2021 ini, tentunya menarik menantikan aksinya di Piala Menpora 2021.

3 dari 7 halaman

Dedik Setiawan

Dedik Setiawan akan menjadi andalan Arema FC di lini serang pada musim ini. Piala Menpora 2021 tentu akan menjadi ajang yang sangat baik untuk bisa membuktikannya, terutama karena sampai saat ini Singo Edan belum memutuskan siapa striker asing yang akan direkrut untuk musim 2021.

Dedik Setiawan merupakan pemain berusia 26 tahun yang sudah memperlihatkan perkembangannya sejak 2017. Sebagai seorang striker, ia memang kurang cemerlang saat Piala Presiden 2017, di mana Arema FC menjadi juara. Ia hanya mengemas satu assist dalam ajang turnamen tersebut.

Namun, ketika tampil di Liga 1 2017, Dedik Setiawan mempersembahkan enam gol, torehan itu berkembang lebih baik pada Liga 1 2018, di mana ia mencetak 10 gol.

Dedik Setiawan pun mulai dilirik oleh Timnas Indonesia saat itu. Pada musim 2019, Dedik membantu Arema FC kembali menjuarai Piala Presiden dengan mencetak empat gol. Sementara di Liga 1, ia mengemas tujuh gol.

4 dari 7 halaman

Samsul Arif

Samsul Arif adalah striker berusia senja yang tetap tak bisa dipandang sebelah mata pada musim 2021. Striker asal Bojonegoro itu telah memperlihatkan kualitasnya sebagai pemain yang mampu bersaing dengan striker asing di daftar pencetak gol.

Samsul Arif mampu mencetak 16 gol ketika memperkuat Persela Lamongan di Liga 1 2017. Torehan gol tersebut membuatnya berada di posisi keempat dalam daftar pencetak gol terbanyak edisi pertama Liga 1 itu.

Kemudian Samsul Arif dipinang Barito Putera pada 2018. Ia mencetak dua gol untuk Barito Putera di Piala Presiden 2018, yang dibuatnya ke gawang Martapura FC. Ketika tampil di Liga 1 2018, Samsul Arif mengemas 14 gol untuk Barito Putera.

Namun, performa Samsul Arif di musim 2019 kurang maksimal. Ia tercatat hanya mencetak lima gol untuk Laskar Antasari. Samsul pun mengakhiri kiprahnya di Barito Putera dan menjajal peruntungan bersama Persita Tangerang pada musim 2020.

Sayang, berhentinya kompetisi 2020 membuat Samsul Arif urung mencetak gol. Kini memasuki musim 2021 dengan usia 36 tahun, bukan tidak mungkin Samsul masih akan memperlihatkan ketajamannya di lini depan bersama timnya. Mungkin Piala Menpora 2021 bisa menjadi awalan baik baginya.

 

5 dari 7 halaman

Titus Bonai

Pemain asal Papua yang satu ini selalu mampu memperlihatkan ketajaman bersama tim mana pun yang dibelanya. Namun, masih menjadi pertanyaan, di mana Titus Bonai akan bermain pada musim 2021 ini?

Pasalnya, Titus Bonai terlibat masalah pada pertengahan 2020, ketika kompetisi tidak berjalan. Borneo FC, selaku pemilik Titus Bonai saat itu, merasa geram karena sang pemain meninggalkan klub dan tanpa permisi bergabung bersama klub Liga 2, Muba Babel United.

Akhirnya Borneo FC merelakannya pergi sebagai pemain pinjaman, dan memastikan tidak akan menggunakan jasa sang pemain pada musim 2021.

Padahal, statistik yang diperlihatkan Titus Bonai dalam beberapa musim terakhir tergolong apik. Baru bergabung bersama Borneo FC pada musim 2020 saja, Titus Bonai sudah mencetak satu gol ketika mendapatkan kepercayaan untuk bermain dalam satu dari tiga pertandingan yang sudah dijalani Borneo FC.

Pada 2017, ketika berseragam PSM Makassar, Titus Bonai memang tampil kurang apik. Kalah saing di lini serang Juku Eja, Titus Bonai hanya mencetak empat gol kala itu.

Ia pun memilih pindah ke Borneo FC pada Liga 1 2018. Bersama Pesut Etam, pemain yang karib disapa Tibo itu mencetak tujuh gol dalam satu musim, di mana ia tampil dalam 28 pertandingan.

Liga 1 2019 merupakan puncak performa terbaiknya. Bergabung bersama Persipura Jayapura, Titus Bonai melesat kembali menjadi mesin gol dengan menciptakan 13 gol.

Patut dinantikan bagaimana kiprah Titus Bonai pada musim 2021? Apakah ia akan mendapatkan klub yang bisa mengoptimalkan potensi besar yang dimilikinya, tak terkecuali di Piala Menpora 2021?

 

6 dari 7 halaman

Lerby Eliandry

Aksi striker lokal yang satu ini kerap tertutup kecemerlangan striker asing yang dimiliki klubnya. Padahal untuk ukuran pemain lokal, torehan gol Lerby Eliandry bersama timnya cukup baik dalam beberapa musim terakhir.

Pemain yang baru bergabung bersama Bali United pada awal musim 2020 itu sudah mencetak satu gol bersama Serdadu Tridatu. Seperti halnya pemain lain, aksi Lerby bersama tim asuhan Stefano Cugurra Teco pada tahun lalu tidak berlanjut lantaran pandemi COVID-19.

Namun, menengok jauh ke belakang, aksi Lerby Eliandry bersama Borneo FC, klub yang dibelanya sejak 2016 sangat baik. Pada Liga 1 2017, Lerby eliandry berhasil mencetak 16 gol untuk tim berjulukan Pesut Etam itu.

Pada 2018, sinar kebintangannya sedikit menurun dan hanya mampu mengemas delapan gol untuk Borneo FC. Namun, hal tersebut bisa diperbaikinya pada musim 2019, di mana 10 gol dicetak Lerby Eliandry untuk Borneo FC.

Setelah pindah ke Bali United, aksi Lerby patut disaksikan setelah tertunda karena berhentinya kompetisi musim 2020. Bukan tidak mungkin Lerby akan tampil mengesankan pada Piala Menpora 2021 yang menjadi turnamen pramusim tahun ini.

 

7 dari 7 halaman

Video

Half Time Show, Menuju Piala Menpora dan Bagaimana Sepak Bola Tanpa Penonton?

Video Populer

Foto Populer