Sukses


Piala Menpora 2021: Bakal Main di Luar Kandang, Ini Persiapan Arema

Bola.com, Malang - Piala Menpora 2021 bakal diputar 20 Maret di Solo, Bandung, Sleman dan Malang. Turnamen pemanasan ini digelar tanpa penonton untuk mematuhi protokol kesehatan selama pandemi virus corona.

Namun, penyelenggara berencana membuat klub yang berasal dari kota tersebut harus bermain di luar kandang. Tujuannya agar lebih fair dan menghindari suporter tuan rumah datang ke sekitar stadion. 

Arema FC yang merupakan klub asal Malang mengaku siap jika nantinya ditempatkan di Bandung, Solo maupun Sleman. Manajemen tim juga sejak awal menunggu laga tandang. Ini sekaligus jadi tes mental bagi Dendi Santoso dkk.

Tim pelatih yang kini terdiri dari tiga asisten, Kuncoro, Singgih Pitono dan Siswantoro juga menyiapkan hal penting agar anak buahnya tetap garang bermain di luar Malang.

“Tidak masalah bagi kami kalau main di luar kandang. Yang harus kami siapkan tentu mental. Bagaimana cara bermain di kandang harus sama seperti di luar kandang karena saat kompetisi nanti pasti ada kalanya harus bermain tandang,” kata Kuncoro.

Sejak Liga 1 terhenti Maret 2020, Arema FC tak lagi merasakan atmosfer main di kandang lawan. Mereka hanya hanya menggelar latihan di Malang. Pengujung tahun lalu, Arema berkeinginan menerima undangan turnamen di daerah lain. Namun hal itu tak terwujud karena penyelenggara terkendala izin kepolisian.

Saksikan video pilihan berikut ini:

2 dari 2 halaman

Persiapan Tim

Di Piala Menpora 2021, saat main di kandang lawan, skuad Arema FC tidak dapat tekanan dari suporter lawan. Sehingga mereka harus bisa menikmati pertandingan.

Dari segi persiapan, Arema sudah menggelar latihan sejak Senin (22/2/2021). Untuk komposisi pemain, ada perubahan di komposisi lokal. Karena ada lima pemain yang sudah tidak bersama Arema lagi. Seperti Syaiful Indra, Taufik Hidayat, Hendro Siswanto, Titan Fawwazi dan Nurdiansyah.

“Izin kepolisian sudah turun. Segala regulasi juga harus dipatuhi. Turnamen pramusim ini tujuannya agar Liga 1 juga nantinya dapat izin. Kalau keputusan Arema main di grup luar Malang sudah keluar, kami selalu tekankan agar pemain bisa tampil lepas. Nanti juga pertandingan tidak ada suporter. Jadi mereka harus merasa seperti main di kandang sendiri saja,” sambungnya.

Sebagai gantinya, sudah ada pemain lokal binaan Akademi Arema dan hasil penjaringan tim pelatih selama pandemi. Untuk target, Arema tak mematok juara. Mereka hanya menjadikan Piala Menpora untuk mematangkan tim.

Video Populer

Foto Populer