Sukses


Arema FC Mengarungi Piala Menpora 2021 di Bawah Arahan Trio Pelatih Lokal

Bola.com, Malang - Rumor pelatih asing yang bakal menangani Arema FC pada musim 2021 memang terus bergulir. Namun, untuk Piala Menpora 2021, Singo Edan kemungkinan besar belum bersama pelatih asing yang menjadi bidikan manajemen.

Rumor pelatih asing memang terus berdengung. Mulai dari Eduardo Almeida dari Portugal, Mario Gomes dari Brasil, hingga Sergio Farias yang juga berasal dari Brasil, masuk dalam kandidat arsitek tim Arema FC untuk musim 2021.

Namun, untuk turnamen pramusim Piala Menpora 2021, trio asisten pelatih Kuncoro, Singgih Pitono, dan Siswantoro, sudah mendapatkan wewenang dari manajemen tim untuk memimpin skuat Singo Edan. Alasannya, Arema FC masih taruma terlanjur mengontrak pelatih baru tapi kompetisi tidak berjalan.

Apalagi saat ini Polri baru memberikan izin sebatas turnamen pramusim. Sementara untuk Liga 1, izin akan dilihat jika pelaksanaan dari turnamen pramusim berjalan sukses dan benar-benar mematuhi segala persyaratan termasuk protokol kesehatan yang ketat.

"Manajemen menyampaikan kepada tim pelatih untuk Piala Menpora. Pelatih baru masih menunggu kompetisi resmi. Alasannya masuk akal karena pengalaman musim lalu. Kami ibarat tentara, ditugaskan pimpinan ya siap berperang, tapi dengan strategi tentunya," ujar Kuncoro.

Secara lisensi, semua asisten pelatih Arema FC masih memegang lisensi B. Sementara untuk Piala Menpora, banyak aturan yang untuk sementara dilonggarkan, termasuk regulasi pelatih dan pemain.

"Sebenarnya saya juga masih terus belajar di dunia kepelatihan dan belum berkeinginan menjadi pelatih kepala. Jadi untuk sementara, kami saling bantu. Kan hanya turnamen, kalau kompetisi resmi memang tidak bisa karena lisensi," tegas asisten pelatih Arema FC itu.

Video

2 dari 2 halaman

Berkolaborasi dan Bertukar Pikiran

Kuncoro memastikan dirinya tidak akan menjadi dominan ketika menangani Arema FC di Piala Menpora 2021. Alasannya, karena dia merasa tidak bekerja sendirian, tapi akan selalu berdiskusi dengan Singgih Pitono dan Siswantoro.

"Kalau di lapangan kami saling berkomunikasi, sama-sama bertugas. Bedanya, Siswantoro lebih banyak ke latihan fisik, karena dia memiliki latar belakang seperti itu," ujar Kuncoro.

Sementara itu, untuk urusan strategi dan taktik, ketiga asisten pelatih ini bakal bertukar pikiran, termasuk nantinya ketika sudah harus menjalani pertandingan demi pertandingan. Bahkan Arema FC termasuk serius untuk bisa berprestasi di turnamen pramusim itu.

"Ketika tampil di Piala Menpora, kami tidak sekadar berpartisipasi. Kami ingin mengejar prestasi juga. Kami tetap memperhatikan komposisi pemain. Kerangka tim dari musim lalu sudah ada, tinggal memberikan kesempatan pemain lain agar mendapatkan pengalaman saja. Namun, kami melihat situasi untuk menurunkan pemain muda di Piala Menpora nanti," tegas Kuncoro.

Video Populer

Foto Populer